Ukuran Post Instagram Lengkap (Feed Foto, Video, IGTV, Live)

Ketika posting foto atau video di instagram malah hasil postingan yang masuk ke IG kepotong? Hal ini karena ukuran feed nya tidak sesuai. Kalian harus tahu terlebih dahulu ukuran post instagram yang ideal dari opsi potraitlandscape, dan square.

Aplikasi Instagram menjadi semakin sukses dan populer didunia, dan salah satu pengguna terbesarnya adalah negara Indonesia.

Dengan menggunakan aplikasi Instagram kalian dapat menceritakan kehidupan kalian dan membagikan ke teman-teman terdekat.

Ada banyak fitur yang sering digunakan untuk membagikan cerita kehidupan pada aplikasi IG seperti memposting foto, video, IG story dan IGTV.

Selain itu Instagram adalah jejaring sosial media foto dan video, dan untuk itu sangat penting mengetahui ukuran post di Instagram yang ideal untuk konten kalian.

Untuk membantu mempermudah, kami telah membuat panduan ukuran dan dimensi post Instagram. Di bawah ini, kalian akan menemukan semua yang kalian butuhkan untuk mengoptimalkan ukuran dan rasio aspek foto dan video pada aplikasi instagram.

Sekilas Ukuran Post Instagram

Ukuran Post Instagram

Pernahkah kamu berpikir soal ukuran feed Instagram yang tepat? Foto, video, IGTV dan lainnya?

Kalau kamu mendapati hasil video dan foto yang kamu upload di-postingan kurang bagus, maka kamu perlu mengetahui ukurannya yang tepat.

Karena kalau tidak, kamu pasti akan mendapati masalah blur bahkan terpotong.

Saat Instagram pertama kali diluncurkan pada tahun 2012, pengguna hanya dapat mengunggah foto dengan rasio aspek 1: 1. 

Pengguna yang ingin menampilkan foto potrait dan landscape harus dipaksa untuk memangkas foto mereka menjadi persegi atau menggunakan aplikasi lain

Untungnya, Instagram mendengarkan keluhan pengguna dan memperkenalkan kemampuan foto horizontal dan vertikal pada tahun 2015.

Ukuran video dan foto Instagram memiliki berbagai dimensi tergantung pada orientasi foto dan alat yang digunakan untuk mem-postingnya. Berikut penjelasan dimensi foto dan video Instagram yang paling umum:

Jenis Feed InstagramRasio AspekUkuran Posting Instagram
Foto Square1 : 11080 x 1080px
Foto Landscape1.91 : 11080 x 608px
Foto Portrait4: 51080 x 1350px
IG Story9 : 161080 x 1920px
Foto Sampul IGTV1 : 1.55420 x 654 piksel
Video Instagram Square1 : 11080 x 1080px
Video Landscape Instagram1.91 : 11080 x 608px
Video Portrait Instagram4 : 51080 x 1350px

Untuk mengetahui ukuran feed yang paling optimal untuk di-upload ke Instagram, kamu harus memahami terlebih dahulu tentang aspect ratio dan resolusi dari sebuah konten.

Menurut Lateraspect ratio adalah lebar sebuah foto berdasarkan tingginya.

Seperti namanya, pilihan aspect ratio ditunjukkan dalam rasio yang sudah menjadi standar, seperti 4:5, 9:16, dan seterusnya.

Angka yang di depan adalah lebar, sementara angka setelah titik dua adalah tinggi dari foto.

Kalau foto atau videomu tidak sesuai dengan aspect ratio Instagram, foto tersebut akan di-crop atau di-stretch sesuai dengan aspect ratio yang optimal menurut Instagram.

Macam Macam Ukuran Post IG Gambar & Rasio Aspek Instagram

Untuk membuat konten yang bagus untuk sosial media yang sangat mengutamakan visual seperti Instagram, ukuran yang optimal sangatlah penting.

Menurut Hootsuite, menggunakan ukuran feed yang tepat bisa membuat konten Instagram-mu tampak lebih bagus karena tampil dengan kualitas tinggi.

Foto yang terlalu kecil biasanya akan jadi pecah atau pixelated. Konten media sosial yang terlihat seperti itu cenderung dinilai negatif oleh yang melihatnya.

Selain itu, ukuran konten yang tepat juga bisa meningkatkan engagement dan memastikan audiens dapat melihat kontennya secara keseluruhan tanpa ada yang terpotong.

Peraturan ukuran foto di Instagram mungkin bisa berubah lagi. Namun, dengan hal tersebut, kemungkinan kontenmu akan tetap bagus karena sudah di-upload dengan ukuran yang cukup besar dan berkualitas tinggi

Ada dua hal penting yang harus diperhatikan saat berbagi foto dan video di Instagram yaitu rasio aspek dan ukuran.

1. Rasio Aspek

Rasio aspek mengacu pada lebar gambar dalam kaitannya dengan tingginya. Hal ini dinyatakan sebagai rasio, seperti 4 : 5 atau 9 : 16, di mana angka pertama melambangkan lebar dan angka kedua melambangkan tinggi.

2. Ukuran

Ukuran mengacu pada jumlah piksel yang membentuk lebar dan tinggi foto atau video. Seperti rasio aspek, ukuran diwakili oleh dua angka, angka pertama mewakili lebar dan angka kedua mewakili tinggi.

Secara umum, Instagram mendukung foto dan video dengan dimensi antara 320 piksel dan 1080 piksel.

Artinya, jika foto atau video kalian kurang dari 320 piksel, Instagram akan memperbesarnya menjadi 320 piksel. Dan jika lebih lebar dari 1080px, Instagram akan mengecilkannya menjadi 1080px.

Bahkan jika kalian mengunggah foto dengan lebar 1080 piksel, gambar yang ditampilkan di Instagram akan dikompresi menjadi ukuran yang lebih kecil.

Seperti contoh ketika kalian membagikan foto di Instagram dengan lebar 1080 piksel dan tinggi 1080 piksel. Namun, gambar yang muncul di Instagram akan dikompresi menjadi lebar 598.02px dan tinggi 598.02px.

Ukuran Post Instagram yang paling Ideal

Ingin tahu cara memposting foto dan video di Instagram tanpa terpotong? kalian dapat melakukan dengan cara merubah foto menjadi vertikal dan horizontal.

Instagram adalah platform yang bisa menampilkan feed konten dalam ukuran yang berbeda-beda.

Media sosial instagram memiliki banyak sekali fitur, seperti IGTV, snapgram dan masih banyak lagi lainnya. Kamu bisa mengupload foto maupun video ke salah satu fitur tersebut secara gratis.

Tapi terkadang foto atau video yang kita upload menjadi pecah atau blur, padahal foto atau video di galeri kita bagus-bagus saja. Nah supaya postingan instagram kamu tidak mengalami masalah seperti itu lagi, ada baiknya kamu mengetahui berapa ukuran yang cocok untuk mengupload foto atau video di Instagram.

Jadi berapa si ukuran feed instagram yang pas? Ukuran Feed Instagram berbeda-beda. Tergantung kamu mau upload kemana, mau ke IGTV, story atau yang lainnnya.

Mulai dari feed utama hingga story, semua memiliki alternatif ukuran yang bisa kamu pilih.

Meskipun begitu, ada ukuran optimal yang harus kamu ikuti, khususnya jika ingin membuat halaman Instagram-mu lebih menarik.

Pengetahuan ini juga sangat penting bagi pemilik toko online yang memamerkan produknya lewat platform media sosial yang satu ini.

Nah, bagaimana ukuran-ukuran yang tepat untuk konten Instagram?

Supaya tetap menjaga kualitas foto atau video tidak terpotong kalian harus simak ulasan dibawah ini tentang ukuran post instagram terbaru.

1. Ukuran Post Foto Instagram

Dalam ukuran foto yang tersedia di instagram memiliki rasio aspek 1 : 1. Jika lebih dari itu foto tersebut kan terpotong secara otomatis.

Dan ketentuan rasio aspek ukurannya yaitu 1080px x 1080px. Sebenarnya instagram membagi menjadi 3 jenis foto yang dapat kalian gunakan, berikut ini penjelasannya.

Ukuran post instagram terbaik untuk posting adalah:

  1. 1080px x 1080px (Persegi) 
  2. 1080px x 1350px (Potret).
  3. 1080px x 608px (Lanskap).

2. Ukuran Feed Post Video Instagram

Video bisa kamu unggah untuk postingan Instastory, feed, maupun IGTV di Instagram dengan masing-masing ukuran yang berbeda. Untuk feed, pengaturan rasio dan pikselnya sama seperti foto dan bisa tiga ukuran juga. Durasi video yang diizinkan adalah dua hingga 60 detik, ya! Nah, beda dengan feed, baik foto maupun video, Instastory dibuat memanjang dengan rasio 9:16 dengan resolusi 1080 x 1920 piksel. Tapi, ini bisa disesuikan lagi dengan piksel ponsel kok.

Ada juga beberapa persyaratan minimum dan maksimum yang perlu kalian ketahui untuk cara mengunggah video instagram. Kalian harus mengupload video yang memiliki spesifikasi 30 frame per detik dan durasi 60 detik.

Jika video kalian melebihi salah satu persyaratan tersebut, kalian tidak akan dapat menguploadnya.

Resolusi Video ideal untuk instagram:

  1. Potret :1080 x 1080 piksel dan rasio aspek 1 : 1.
  2. Portrait : 1080 x 1350 piksel dan rasio aspek 4 : 5.
  3. Landscape : 1080 x 608 piksel dan rasio aspek 16 : 9.

3. Ukuran IG Post Story

Fitur ini diluncurkan pada bulan April 2018, fitur ini memungkinkan pengguna bisa post foto serta video yang bisa ditambahkan berbagai macam animasi, teks, emoticon dan lain sebagainya.

Lalu berapa ukuran instagram story yang cocok? Instagram stories bisa menampilkan foto atau video dengan rasio 1.91:1 hingga 9:16. Tapi ukuran yang paling direkomendasikan adalah 4:5 dan 9:16.

Untuk ukuran 1.91:1, resolusi video yang direkomendasikan adlah 1080 x 608 piksel. Sedangkan untuk rasio 9:16 resolusi videonya adalah 1080 x 1920 piksel dengan orientasi potrait.

Ukuran story Instagram yang ideal adalah 1080px x 1920px dan aspek rasio 9:16.

Instagram story adalah fitur hebat yang diberikan oleh aplikasi instagram untuk berhubungan dengan pengikut kalian seperti hanya memposting teks dan mengunggah foto dan video.

Konten harus ditampilkan dalam format potret. Jadi, meskipun kalian dapat memposting foto dan video pada format lanskap, foto dan video tersebut juga tidak akan muncul di stories IG kalian.

4. Ukuran Post Instagram IGTV

IGTV (Instagram TV) di aplikasi Instagram ini sudah banyak juga yang menggunakannya karena memiliki durasi video yang panjang.

Durasinya sendiri bisa mulai dari 2 sampai 10 menit.

Ukuran Foto Sampul IGTV yang ideal adalah 420px x 654px. Dalam penggunaan IGTV kalian harus merekam konten yang hanya disediakan selama satu jam dengan rasio aspek horizontal 9:16.

Setelah mendapat banyak masukan dari para pengguna yang merasa kesulitan untuk merekam konten berdurasi panjang dengan cara ini, Instagram memutuskan pada Mei 2019 untuk mengizinkan video Landscape di IGTV.

  1. Video IGTV memiliki rasio aspek vertikal 4: 5 dan horizontal 16 : 9.
  2. Foto sampul IGTV memiliki rasio 1 :1.55.
  3. Durasi IGTV minimal 1 menit dan maksimal 60 menit.
  4. Format file IGTV yaitu MP4.

Rasio maksimum untuk video IGTV potrait ialah 9:16 dan minimumnya 4:5. Resolusi yang bisa kamu pakai antara 1080×1920 piksel, ya! Sedang, rasio maksimum untuk video IGTV landscape adalah 16:9 dan minimumnya 5:4 dengan resolusi 1920 x 1080 piksel. Biar menarik, IGTV mesti diberi sampul dengan aspek rasio 1:1,55 dan resolusi 420×654 piksel.

Itu dia berbagam macam ukuran postingan di Instagram yang perlu kamu ketahui supaya menghasilkan konten yang estetik. Meski bersifat teknis, ternyata ukuran ini juga menentukan keindahan foto lo! Sebab, kalau ukuran dibuat asal, nanti foto malah kepotong dan ada area yang hilang. Padahal bisa jadi area ini malah mendatangkan banyak likes dan komen.

#1. Ukuran Feed IG Jenis Vertikal

Video vertikal punya ciri yang memanjang ke bawah. Kebanyakan dipakai untuk merekam video biasa, misalnya aktivitas sehari-hari.

Gunakan kualitas video minimal 720p, dengan rasionya 9:16 dan resolusinya 720 x 1280. Akan lebih bagus kalau kamu pakai resolusi Full HD (1920 x 1080)

#2. Ukuran Post Instagram Jenis Horizontal

Video landscape biasa dipakai ketika ingin merekam gambar pemandangan, atau ingin merekam suatu view yang luas.

Karena memanjang, untuk kualitas video disarankan 1080p, ukuran 16:9 dan tentunya resolusi 1920 x 1080 pixel.

#3. Ukuran Cover IGTV

Selain memperhatikan ukuran ideal video, kamu juga bisa menambahkan cover untuk IGTV yang ingin diposting.

Tujuannya adalah untuk menjadi daya tarik sendiri ke pengguna lain yang mengunjungi profil Instagram kamu.

Untuk covernya tentu ada ukuran standarnya yaitu aspek rasionya 1:1,55 dengan resolusinya 420 x 654.

Instagram merupakan salah satu media sosial yang sangat populer di dunia, bahkan di aplikasi instagram kalian dapat mempromosikan suatu barang atau kreatifitas kalian untuk di tunjukan ke seluruh dunia.

4. Ukuran Foto Profil Instagram

Supaya akun Instagram kamu semakin kece, ukuran profil Instagram juga harus diperhatikan. Untuk ukuran foto profil Instagram harus memiliki rasio 1:1, sedangkan untuk resolusi minimalnya adalah 110 x 110 piksel dan maksimalnya adalah 180 x 180 piksel.

5. Ukuran Resolusi Instagram Live

Fitur yang satu ini memungkinkan para pengguna bisa broadcast untuk followernya. Format video Instagram Live adalah potrait, aspek rasio video saat live direkomendasikan 9:16. Lalu untuk resolusi yang disarankan adalah 1080 x 1920 piksel.

Cara Mengatur Ukuran Foto Profil Instagram Dengan Aplikasi.

Instagram memang tengah jadi media sosial yang cukup populer saat ini. Gimana nggak, lewat Instagram kita bisa berbagi foto dan video yang menarik hanya dengan sekali klik. Tapi, kamu pasti pernah mengalami konten yang terpotong saat diunggah di Instagram? Yap, hal seperti ini biasa terjadi jika ukuran postingan nggak sesuai dengan ketentuan Instagram.

Meski tampilan foto sampul selalu berbentuk persegi, tapi ternyata Instagram punya beberapa ukuran standar untuk postingan foto maupun video. Biar unggahanmu nggak kepotong, ukuran-ukuran berikut bisa jadi panduannya.

Kamu ingin memposting foto, tapi bingung mengatur rasio gambarnya agar di feed jadi terlihat bagus.

Kamu bisa menggunakan aplikasi untuk mengaturnya dan mengeditnya, kalau tidak mau ribet dan pusing.

Ukuran feed instagram ternyata mempengaruhi view dari sesama pengguna instagram. Selain itu kualitas gambar atau video juga mempengaruhi. Lalu berapa ukuran feed instagram yang ideal?

Ada beberapa aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk mengatur rasio dan bahkan bisa mengedit gambar tersebut jadi menarik.

#1. InstaFit

Aplikasi yang pertama adalah Instafit. Aplikasi ini bisa mengatur rasio gambar yang kamu inginkan. Kamu juga bisa mengcrop gambar jika ada bagian yang ingin dipotong.

Selain itu, kamu bisa mengubah warna latarnya sesuai yang kamu inginkan. Dijamin hasilnya akan sesuai dengan rasio yang pas dan tidak akan tepotong atau blur.

Cara pakainya:

  1. Pasang dan buka aplikasi Insta Fit.
  2. Pilih foto yang ingin kamu edit.
  1. Kamu akan dialihkan ke bagian crop. Klik tanda centang.
  1. Atur rasio di bagian kolom ketiga yang ada ikon Size. Pilih rasio sesuai panduan ukuran yang telah kamu baca sebelumnya.
  1. Setelah itu, kalau kamu ingin mengubah latar pada gambar, klik pada ikon Colour di kolom kedua. Kamu bisa atur sesuai yang diinginan. Lalu klik OK.
  2. Jika sudah diedit dan diatur sesuai dengan keinginan kamu, klik tombol Save di bagian kanan atas.
  1. Selesai, foto kamu sudah diedit dan bisa diposting di Instagram.

Meski yang ditampilkan di sampul berbentuk persegi, foto untuk feed Instagram ada tiga ukuran; squarepotrait, dan landscape. Untuk postingan foto dengan format square, kamu bisa memakai ukuran 1080×1080 piksel dengan rasio 1:1. Untuk ukuran foto persegi panjang atau landscape, kamu mesti buat dengan rasio 16:9. Ukuran idealnya bisa 1080×608 piksel. Tapi kamu tetap bisa mengunggah dengan ukuran lebih besar asalkan aspek rasionya tetap 16:9.

Foto potrait Instagram mesti berasio 4:5 atau 8:1 biar unggahan fotonya optimal. Ukuran terkecil yang bisa kamu pakai ialah 480×600 piksel, sedangkan maksimal boleh sampai 1080×1350 piksel. Resolusi minimum dari Instagram adalah 320 piksel. Jika fotomu di bawah itu, Instagram akan otomatis menaikkannya menjadi 320 piksel dan membuat gambar jadi pecah.

#2. InstaQuick Photo Editor

Sama seperti sebelumnya, aplikasi InstaQuick bisa dijadikan pilihan kamu untuk mengatur rasio foto.

Selain itu, aplikasi ini juga bisa dipakai untuk mengedit gambar. Seperti memberi filter atau efek, menambahkan emoji dan tulisan di foto tersebut.

Cara memakainya:

  1. Buka aplikasi InstaQuick.
  2. Kemudian pilih Edit.
  1. Lalu pilih gambar yang ingin diedit.
  1. Pilih ukuran gambar Instagram yang diinginkan, vertikal atau horizontal. Kamu bisa memilih ukurannya di sebelah kiri bawah point pertama.
  1. Ganti latar atau background dengan cara geser ke kanan.
  2. Setelah itu, kamu bisa coba juga menambahkan tulisan atau emoji.
  3. Terakhir klik tombol Save di bagian kanan atas.
  1. Klik kembali tombol Save atau share langsung ke Instagram.

Foto profil yang ditampilkan pada Instagram biasanya berukuran 110×110 piksel dengan rasio aspek 1:1. Meski begitu, kamu bisa mengunggah foto hingga 180×180 piksel kok. Foto berukuran persegi ini nanti akan ditampilkan dalam bentuk bulat.

#3. InstaSize Photo

Aplikasi ini menyediakan berbagai pengaturan ukuran foto untuk Instagram yang paling pas.

Terutama dari segi rasio. Selain itu, kamu juga bisa mengeditnya dengan memberikan efek atau tulisan di gambar tersebut.

Berikut cara mengedit foto untuk IG di aplikasi InstaSize:

  1. Pertama buka aplikasi InstaSize di HP.
  2. Kemudian, klik tombol (menambahkan gambar).
  3. Klik Foto, lalu pilih gambar yang ingin diedit.
  4. Selanjutnya, klik tombol Resize di kolom ketiga.
  5. Kamu bisa gunakan ukuran yang telah dibahas sebelumnya.
  6. Jika sudah mengcrop, klik Centang pada bagian bawah kanan.
  7. Setelah itu, kamu bisa pilih efek, memberikan teks atau mengubah latar belakangnya. Agar terlihat lebih menarik.
  8. Jika sudah mengeditnya, klik tombol Berbagi.
  9. Klik tombol Instagram untuk share postingan langsung.

Namun jika hasil foto dan video hanya setengah karena terpotong pada saat posting di feed instagram, tentu saja membuat foto tersebut menjadi kurang menarik.

itulah beberapa ukuran feed Instagram yang harus kamu patuhi supaya postingan instagram kamu memiliki banyak like

Oleh karena itu kami membuat artikel ukuran post instagram agar dapat membantu yang masing bingung berapa ukuran postingan instagram yang ideal.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *