Organisasi Adalah : Pengertian, Unsur, Ciri, Jenis, Manfaat dan Contohnya

organisasi-adalah-:-pengertian,-unsur,-ciri,-jenis,-manfaat-dan-contohnya
Organisasi Adalah : Pengertian, Unsur, Ciri, Jenis, Manfaat dan Contohnya

Pengertian organisasi merupakan satu set unit fungsional khusus, saling berhubungan dalam proses pembenaran, pengembangan, adopsi dan implementasi keputusan manajemen. Secara grafis, ini paling sering digambarkan dalam bentuk diagram hierarki yang menunjukkan komposisi, subordinasi, dan koneksi dari unit – unit struktural organisasi.

Pada saat yang sama, struktur terus mengalami semacam degradasi dan korosi, menyederhanakan dan mengurangi pembagian tugas, wewenang, dan tanggung jawab secara tidak wajar. Dengan demikian, seiring dengan proses pengorganisasian dan peningkatan efisiensi, terjadi proses dis organisasi dan perusakan pada struktur. Oleh karena itu, setiap struktur organisasi formal selalu berbeda dengan struktur yang sebenarnya.

Pembagian tugas antara departemen dan pejabat, distribusi kekuasaan dan tanggung jawab harus tetap stabil untuk beberapa waktu guna memastikan reproduksi dan pemeliharaan strategi. Oleh karena itu, struktur menetapkan properti sistem statis dari manajemen organisasi.

Apa itu Organisasi?

pengertian organisasi merupakan sekumpulan divisi dari suatu anggota dan keterkaitannya, di mana tugas manajemen didistribusikan di antara divisi, wewenang dan tanggung jawab manajer dan pejabat ditentukan. Struktur organisasi dibangun, di satu sisi, sesuai dengan tugas yang ditetapkan untuk organisasi oleh strateginya. Di sisi lain, struktur pada tingkat yang berbeda memungkinkan skala ekonomi digunakan untuk menghemat sumber daya organisasi. Dengan demikian, struktur menghubungkan eksternal – strategis, efisiensi dengan efisiensi internal ekonomi.

Pembagian tugas antara departemen dan pejabat, distribusi kekuasaan dan tanggung jawab harus tetap stabil untuk beberapa waktu guna memastikan reproduksi dan pemeliharaan strategi. Oleh karena itu, struktur menetapkan properti sistem statis dari manajemen organisasi.

Dalam kasus di mana strategi berubah, atau ketika struktur diakui tidak efektif dalam hal tujuan strategi atau ekonomi, reorganisasi terjadi. Reorganisasi dapat bersifat global dan mengubah prinsip pembangunan struktur, serta memecahkan masalah lokal masing-masing departemen dan hubungannya. Setiap reorganisasi harus membantu meningkatkan keteraturan dan efisiensi struktur. Yang, sayangnya, tidak selalu demikian.

Pada saat yang sama, pengertian organisasi terus mengalami semacam degradasi dan korosi, menyederhanakan dan mengurangi pembagian tugas, wewenang, dan tanggung jawab secara tidak wajar. Dengan demikian, seiring dengan proses pengorganisasian dan peningkatan efisiensi, terjadi proses disorganisasi dan perusakan pada struktur. Oleh karena itu, setiap struktur organisasi formal selalu berbeda dengan struktur yang sebenarnya.

Model organisasi adalah prinsip pembentukan divisi, pendelegasian wewenang dan penugasan tanggung jawab. Pada dasarnya model organisasi menunjukkan bagaimana membentuk suatu departemen. Pengertian organisasi Dalam praktiknya, prinsip-prinsip pembentukan subdivisi berikut diterapkan:

  • Model fungsional: ” satu departemen = satu fungsi “;
  • Model proses: ” satu departemen = satu proses “;
  • Model matriks: ” satu proses atau satu proyek = sekelompok karyawan dari unit fungsional yang berbeda “;
  • Model berorientasi rekanan: “ satu departemen = satu rekanan ( klien atau kelompok klien, pemasok, kontraktor, dan lain – lain. )

Model terakhir diterapkan ketika pasar rekanan terbatas. Misalnya, jika jumlah pelanggan sangat terbatas, disarankan untuk menerapkan model yang berfokus pada pelanggan atau kelompok pelanggan: “satu departemen = satu pelanggan”. Dalam kebanyakan kasus, model fungsional dan proses, serta berbagai modifikasinya, telah tersebar luas.

Jenis Jenis Organisasi

1. Organisasi Fungsional

Struktur organisasi manajemen di banyak perusahaan modern dibangun sesuai dengan prinsip-prinsip manajemen yang dirumuskan pada awal abad kedua puluh. Rumusan paling lengkap dari pengertian organisasi prinsip-prinsip ini diberikan oleh sosiolog Jerman Max Weber (konsep birokrasi rasional):

  1. Prinsip hirarki tingkatan manajemen , dimana setiap tingkatan yang lebih rendah dikendalikan oleh tingkatan yang lebih tinggi dan mematuhinya;
  2. Prinsip kepatuhan wewenang dan tanggung jawab manajemen karyawan dengan tempat dalam hirarki;
  3. Prinsip pembagian kerja menjadi fungsi tersendiri dan spesialisasi pekerja sesuai dengan fungsi yang dijalankan;
  4. Prinsip formalisasi dan standarisasi kegiatan , menjamin keseragaman kinerja pegawai dalam melaksanakan tugasnya dan koordinasi berbagai tugas;
  5. Prinsip kinerja impersonal oleh karyawan dari fungsinya;
  6. Prinsip seleksi kualifikasi , dimana perekrutan dan pemberhentian dari pekerjaan dilakukan secara ketat sesuai dengan persyaratan kualifikasi.

Struktur organisasi kepengurusan yang dibangun sesuai dengan prinsip-prinsip tersebut disebut dengan struktur hirarki atau birokrasi. Jenis yang paling umum dari struktur organisasi suatu perusahaan adalah fungsi linier (struktur organisasi linier).

Dasar dari struktur linier adalah apa yang disebut prinsip “tambang” (“prinsip sumur”) dari konstruksi dan spesialisasi proses manajemen sesuai dengan subsistem fungsional organisasi (pemasaran, produksi, penelitian dan pengembangan, keuangan, personalia, dll. .). Untuk setiap subsistem, hierarki layanan (“milik saya” atau “sumur”) dibentuk, yang menembus seluruh organisasi dari atas ke bawah.

Kinerja masing-masing layanan dinilai dengan indikator yang menjadi ciri pemenuhan tujuan dan sasaran mereka. Sejalan dengan itu, sistem insentif dan insentif bagi karyawan sedang dibangun. Dalam pengertian organisasi hal ini, hasil akhirnya – efisiensi dan kualitas organisasi secara keseluruhan – menjadi, seolah-olah, sekunder, karena diyakini bahwa semua layanan pada tingkat tertentu atau lainnya bekerja untuk mendapatkannya.

A. Manfaat struktur linier:

  • Mereka memungkinkan kamu untuk menemukan solusi untuk masalah apa pun yang diarahkan ke unit fungsional (bila ada pertanyaan lain);
  • Berpotensi memastikan pertukaran pengetahuan antara karyawan, pertumbuhan profesional mereka.

B. Kerugian dari struktur linier:

  • Dalam pekerjaan manajer di hampir semua tingkatan, masalah operasional (“pergantian”) mendominasi masalah strategis;
  • Hubungan horizontal yang lemah antara unit fungsional menghasilkan birokrasi dan pergeseran tanggung jawab saat menyelesaikan masalah yang membutuhkan partisipasi beberapa unit;
  • Sedikit fleksibilitas dan kemampuan beradaptasi untuk mengubah situasi;
  • Kriteria efektivitas dan kualitas kerja departemen dan organisasi secara keseluruhan berbeda, dan seringkali saling eksklusif;
  • Sejumlah besar “lantai” atau tingkat manajemen antara orang yang membuat produk dan pembuat keputusan;
  • Kelebihan manajer tingkat atas;
  • Peningkatan ketergantungan kinerja organisasi pada kualifikasi, kualitas pribadi dan bisnis manajer puncak.

Dengan demikian, kita dapat menyimpulkan bahwa dalam kondisi modern, kerugian struktur lebih besar daripada kelebihannya.

2. Organisasi Manajemen

Asal-usul konsep pengendalian proses kembali ke teori kontrol yang berasal dari abad kesembilan belas. Pada tahun 80-an abad ke-19, Frederick Taylor mendorong para manajer untuk menggunakan metode manajemen pengertian organisasi proses untuk mengatur aktivitas mereka dengan lebih baik. Pada awal 1900-an, Henri Fayolle mengembangkan konsep rekayasa ulang – melakukan berbagai hal sesuai dengan tujuan dengan memanfaatkan semua sumber daya yang tersedia.
Sistem proses dibangun atas dasar beberapa prinsip dasar:

  1. Prinsip menggabungkan prosedur: operasi yang dilakukan oleh berbagai karyawan diintegrasikan menjadi satu, yaitu proses dikompresi secara horizontal. Jika tidak memungkinkan untuk membawa semua langkah proses ke satu pekerjaan, maka sebuah tim dibuat yang bertanggung jawab untuk proses ini;
  2. Prinsip urutan yang tidak dapat dipecahkan: langkah  langkah proses dilakukan dalam urutan alami, pekerjaan dilakukan di tempat yang sesuai, oleh kelompok campuran yang terdiri dari pekerja dari afiliasi atau spesialisasi subjek (fungsional) yang berbeda;
  3. Prinsip pemilik proses: manajer yang berwenang menyediakan satu titik kontak, dia bertindak sebagai penyangga antara proses yang kompleks dan pelanggan, dan berperilaku dengan pelanggan seolah-olah dia bertanggung jawab atas keseluruhan proses;
  4. Prinsip kemandirian pilihan: pelaku membuat keputusan independen dan bertanggung jawab untuk memperoleh hasil tertentu dari aktivitas;
  5. Prinsip kontrol horizontal: kualitas hasil diperiksa oleh konsumennya – elemen selanjutnya dari rantai proses;
  6. Prinsip konsistensi (integritas) manajemen: manajemen biaya terjadi di tempat terjadinya, sistem manajemen biaya dibangun bersama dengan struktur organisasi perusahaan, tanpa mengganggu aktivitas, “satu proses – satu departemen – satu anggaran” .

A. Manfaat struktur proses:

  • Orientasi para pelaku dan manajer untuk mendapatkan hasil yang dibutuhkan perusahaan. Skema motivasi personel terkait dengan hasil;
  • Sistem perintah satu orang yang jelas – satu pemimpin berkonsentrasi di tangannya pengelolaan seluruh rangkaian operasi dan tindakan yang ditujukan untuk mencapai tujuan yang ditetapkan dan memperoleh hasil yang diinginkan;
  • Sistem interkoneksi yang jelas dalam proses dan subdivisinya masing-masing;
  • Manajer pembongkaran. Mereka campur tangan dalam manajemen operasional hanya jika terjadi penyimpangan yang signifikan;
  • Para pemimpin terlibat dalam tanggung jawab langsung mereka – pengorganisasian manajemen yang efektif dan strategi pengembangan;
  • Urutan efisiensi operasional yang lebih baik dibandingkan dengan skema manajemen lainnya;
  • Tidaklah penting bagi perusahaan untuk melakukan pergantian karyawan, karena terdapat mekanisme transfer pengetahuan kepada karyawan baru (regulasi proses bisnis).

B. Kerugian dari struktur organisasi proses:

  • Mengelola tim kerja campuran secara fungsional adalah tugas yang lebih kompleks daripada mengelola unit fungsional;
  • Dalam kasus pembentukan unit lintas fungsi, prosedur terpisah diperlukan untuk memastikan pertumbuhan profesional karyawan (pelatihan).

Meringkas, kita dapat menyimpulkan bahwa struktur proses, bersama dengan kelebihan dari struktur fungsional, memiliki sejumlah keuntungan dimana struktur fungsional memiliki kelemahan yang jelas .

3. Organisasi Matriks

Struktur organisasi matriks menggabungkan prinsip-prinsip pembangunan sistem fungsional dan proses. Dalam pengertian organisasi struktur ini, ada proses yang sangat diatur yang berada di bawah kendali manajer proses. Dalam hal ini, kegiatan tersebut dilakukan oleh karyawan yang berada di subordinasi operasional manajer proses dan di subordinasi administrasi kepala yang ada di fungsional “sumur”. Pada dasarnya, peran manajer proses adalah untuk mengkoordinasikan aktivitas di dalam proses.

Solusi seperti itu, di satu sisi, tidak sepenuhnya menyadari keuntungan dari pendekatan proses, dan di sisi lain, tidak sepenuhnya menghilangkan kekurangan dari sistem fungsional. Dalam pengertian organisasi praktiknya, struktur organisasi matriks suatu perusahaan dapat diterapkan dengan baik untuk manajemen aktivitas proyek, dan sangat tidak sesuai untuk manajemen reguler, karena sifatnya mengandung beberapa kekuatan ganda – proses dan fungsi.

4. Organisasi Campuran

Jika kamu menerapkan berbagai model pengorganisasian aktivitas dalam proses bisnis individu, maka kamu dapat memanfaatkan satu atau model organisasi lainnya. Dalam hal ini, untuk organisasi secara keseluruhan, organisasi proses dari blok struktural utama akan diterapkan, dan dalam kerangka blok individu, berbagai model dapat diterapkan. Sebagai contoh,.

  1. Untuk mengatur unit struktural yang melaksanakan proses bisnis pengembangan produk baru dan penyempurnaan produk yang sudah ada, disarankan untuk menggunakan struktur matriks;
  2. Dalam pengertian organisasi kondisi tertentu, untuk pengorganisasian proses reproduksi sumber daya (bergantung pada pemasok monopoli), reproduksi alat produksi (penggunaan kontraktor untuk melakukan pekerjaan), promosi dan penjualan (bekerja dengan kelompok klien terbatas), disarankan untuk menggunakan model yang berfokus pada rekanan;
  3. Struktur jasa keuangan akan terlihat lebih familiar dengan organisasi fungsional.

Pilihan submodel ini atau itu tergantung pada spesifikasi dan karakteristik bisnis.

Membangun struktur manajemen organisasi di Business Studio merupakan salah satu langkah dalam pengertian organisasi merancang sistem manajemen organisasi. Untuk mengatasi masalah ini, Business Studio memungkinkan kamu membuat daftar hierarki posisi dan divisi perusahaan. Di masa mendatang, daftar ini berfungsi untuk menentukan Pemilik (Manajer) proses dan pelaksana proses.

Untuk membentuk struktur organisasi dan staf di Business Studio, kamu harus:

  • Membentuk direktori hierarki departemen dan posisi;
  • Isi parameter departemen dan posisi yang diperlukan;
  • Buat bagan organisasi secara otomatis.

Setelah menyelesaikan tahap desain struktur organisasi dan penunjukan pemilik dan pelaksana proses, Business Studio memungkinkan kamu untuk membuat Peraturan tentang departemen dan deskripsi pekerjaan, serta menghitung jumlah karyawan. Dengan demikian, desain struktur manajemen organisasi membantu tidak hanya untuk menggambarkan struktur organisasi dan staf, tetapi juga untuk menganalisis struktur organisasi untuk kesesuaian dengan tujuan organisasi.

Pentingnya Organisasi

1. Memberikan penghematan waktu kerja, penghematan biaya tenaga kerja, jika tidak – peningkatan produktivitas dan efisiensi tenaga kerja; berkontribusi pada penggunaan tenaga kerja yang rasional dan penurunan biaya unit untuk itu.

2. Memungkinkan kamu untuk menggunakan elemen material produksi dengan lebih baik, untuk meningkatkan indikator kualitas tenaga kerja.

3. Semua ini memungkinkan kamu untuk mengurangi biaya produksi, meningkatkan profitabilitas, profitabilitas, dan daya saing perusahaan. Signifikansi sosial dari organisasi tenaga kerja terdiri dari:

  • memastikan kondisi kerja yang menguntungkan;
  • mengurangi keparahan dan intensitas persalinan;
  • optimalisasi beban kerja karyawan dan organ masing-masing;
  • menjaga kesehatan dan mempertahankan kinerja manusia tingkat tinggi;
  • peningkatan periode kapasitas kerjanya.
  • mengatasi pekerjaan yang monoton dan monoton;
  • meningkatkan variasi operasi yang dilakukan;
  • perubahan dalam tenaga kerja, kejenuhannya dengan elemen-elemen kreatif.

Aspek penting dari signifikansi sosial organisasi ketenagakerjaan adalah untuk mendorong pertumbuhan tingkat budaya, profesional dan kualifikasi pekerja; pemanfaatan potensi tenaga kerja secara rasional sesuai dengan karakteristik kuantitatif dan kualitatifnya; meningkatkan pamor profesi dan bidang kegiatan tertentu.

Budaya Organisasi

Budaya organisasi mengacu pada kepribadian suatu organisasi. Ini berkaitan dengan keyakinan dan perilaku sehari-hari dari sekumpulan karyawan dalam pengertian organisasi di lingkungan kerja yang sama. Ini termasuk:

  1. bagaimana mereka bertindak dan terlibat dengan organisasi,
  2. nilai-nilai yang mereka anggap berasal dari tindakan ini,
  3. tujuan pribadi mereka dan bagaimana hal ini sesuai dengan tujuan organisasi,
  4. dan bagaimana karyawan terlibat satu sama lain di tempat kerja.

Hal ini berkaitan dengan seberapa baik karyawan memahami misi, visi dan tujuan perusahaan. Artinya setiap karyawan dalam organisasi harus mengetahui apa yang ingin dicapai perusahaan. Tetapi, tujuan organisasi ini juga harus selaras dengan tujuan masing-masing.

Ini penting, tapi ini fakta yang sering diabaikan. Tidaklah cukup bagi karyawan untuk melakukan tugas mereka karena “itu hanya pekerjaan saya” atau “Saya perlu menghasilkan uang”. Rute menuju keterlibatan karyawan adalah jalan dua arah! Karyawan kamu perlu mengetahui bahwa setiap pertumbuhan organisasi akan menghasilkan pertumbuhan pribadi dan pengembangan profesional.

Contoh Budaya Organisasi

Setiap perusahaan memiliki budaya yang berbeda. Misalnya, beberapa perusahaan lebih kolaboratif dan memiliki budaya berbasis tim. Ini berarti bahwa orang-orang di dalam pengertian organisasi bekerja sama untuk mencapai tujuan mereka.

Bisnis lain akan memiliki pendekatan seluruh perusahaan di mana setiap orang memiliki tujuan dan target mereka sendiri , dan mereka bekerja sendiri untuk menyelesaikannya.

Di sisi lain, beberapa perusahaan lebih formal. Mereka mengharapkan kamu datang bekerja dengan setelan listrik dan mematuhi jam kerja kamu dengan hati-hati. Perusahaan lain akan memiliki pendekatan yang berbeda dan membiarkan kamu memakai apa pun yang nyaman dan mengatur waktu kamu sendiri.

Karena itu, berikut adalah beberapa jenis budaya organisasi:

  1. Beberapa perusahaan berada dalam silo, yang lainnya sangat bergantung.
  2. Banyak bisnis akan berfokus pada penjualan, yang lain berfokus pada klien, yang lainnya masih berfokus pada karyawan.
  3. Perusahaan yang berpikiran maju akan memiliki budaya berbagi pengetahuan , di mana karyawan bertanggung jawab untuk berbagi pengetahuan mereka. Yang lain memiliki strategi budaya berbagi pengetahuan digerakkan secara terpusat .
  4. Bisnis dapat memiliki pendekatan teknologi yang sangat berbeda. Beberapa akan menjadi pengadopsi awal dan inovator, yang lain akan berhati-hati.

Contoh-contoh ini tidak sepenuhnya mendefinisikan budaya perusahaan, tetapi mereka dimasukkan ke dalamnya dan membentuknya. Belum tentu satu budaya lebih baik dari yang lain, tetapi setiap organisasi memiliki budaya uniknya sendiri-sendiri.

Mengapa Perlu Budaya Organisasi?

Budaya perusahaan yang kuat membantu bahkan organisasi besar bekerja seperti mesin yang diminyaki dengan baik. Demikian pula, di sinilah setiap karyawan mengetahui nilai-nilai mereka dan bertindak sejalan dengan nilai-nilai perusahaan mereka .

Sumber Daya Manusia akan lebih mudah melibatkan karyawan dengan budaya perusahaan yang baik di belakang mereka. Ini karena semua orang di perusahaan akan mengetahui ekspektasi perusahaan.

Ketika setiap orang dari manajemen senior ke bawah menghargai perilaku yang berkontribusi positif pada budaya, hal itu menjadi tertanam dalam di perusahaan. Oleh karena itu, budaya organisasi adalah investasi jangka panjang, tetapi akan terbayar.

  1. Sebuah studi Deloitte menegaskan bahwa 94% eksekutif dan 88% karyawan percaya budaya yang berbeda penting untuk kesuksesan bisnis.
  2. Perusahaan dengan budaya yang kuat menunjukkan peringkat kepuasan karyawan 20% lebih tinggi untuk kolaborasi, lingkungan, dan nilai-nilai.

1. Budaya Perusahaan yang Kuat Membuat Tim Tangguh terhadap Perubahan

Tempat kerja modern saat ini telah berkembang pesat. Ini disebabkan oleh peristiwa yang belum pernah terjadi sebelumnya seperti pandemi Covid-19. Akibatnya, perusahaan di seluruh dunia perlu beradaptasi dengan pengaturan kerja baru seperti tempat kerja virtual atau kerja jarak jauh .

Budaya perusahaan yang kuat menyatukan tim jarak jauh yang bekerja di lokasi atau zona waktu berbeda. Dengan budaya yang hebat, orang-orang kamu menjaga persahabatan dan nilai-nilai yang dibutuhkan untuk membuat mereka terus bergerak menuju tujuan bersama kamu.

Mereka dipersatukan oleh visi dan tujuan tunggal perusahaan kamu. Pada gilirannya, kamu dapat yakin bahwa perusahaan kamu dapat menangani perubahan apa pun yang menghampiri kamu.

2. Budaya Perusahaan Meningkatkan Lingkungan Kerja Kamu

Organisasi dengan budaya yang jelas adalah tempat yang lebih menyenangkan untuk bekerja. Budaya perusahaan akan memberikan semua asumsi bersama yang membantu semua orang mengetahui apa yang diharapkan dari mereka. Pada gilirannya, ini menciptakan lingkungan sosial dan psikologis yang lebih menyenangkan.

Ketika semua orang tahu bagaimana harus berperilaku, itu akan memudahkan semua orang untuk bergaul dengan baik. Ini juga mengurangi gesekan di tempat kerja. Demikian pula, ketika semua orang tahu apa yang diharapkan dari mereka, itu menghilangkan ketidakpastian atau ambiguitas dari peran mereka. Ini penting untuk kesehatan mental karyawan Anda yang luar biasa!

3. Budaya Perusahaan Yang Hebat Dapat Meningkatkan Kualitas Kerja

Ketika budayanya tidak sekuat, keselarasan dengan nilai-nilai perusahaan menjadi tidak begitu jelas. Ini berarti perlu lebih banyak upaya untuk dilakukan dalam mengendalikan karyawan, memantau perilaku mereka, dan menjaga agar mereka bekerja seefisien mungkin.

Keuntungan budaya perusahaan sudah jelas. Ini berarti bahwa pengawasan yang lebih sedikit diperlukan oleh manajer dan pemimpin tim dan bahwa pekerjaan karyawan memiliki nilai yang lebih tinggi bagi perusahaan. Misalnya, kamu tidak perlu menggunakan perangkat pelacakan atau pemantauan. kamu hanya perlu serangkaian tujuan dan sasaran yang jelas. Artinya budaya perusahaan membantu meningkatkan kinerja organisasi!

4. Budaya Perusahaan Membuat Orientasi Lebih Efektif

Perusahaan dengan budaya yang jelas akan dapat dengan mudah memasukkan karyawan baru ke dalam pengertian organisasi untuk keyakinan perusahaan. Ini mendorong cara kerja yang sesuai dengan tujuan dan visi bisnis perusahaan secara keseluruhan.

Karyawan di perusahaan dengan budaya yang baik lebih terlibat, termotivasi untuk sukses, dan lebih menunjukkan loyalitas. Hal ini dapat membuat mereka cenderung tidak meninggalkan perusahaan dan membuat mereka lebih cenderung menjadi pendukung perusahaan kamu.

5. Budaya Organisasi Membentuk Kerja Sama Tim

Peningkatan keterpaduan kelompok adalah salah satu produk sampingan paling kuat dari budaya organisasi yang baik. Karyawan tahu posisi mereka dalam tim dan mereka mempercayai orang lain untuk melakukan pekerjaan dengan baik. Anggota tim juga merasa dihargai dan kontribusi mereka penting bagi kesuksesan bisnis.

6. Budaya Perusahaan Membuat Mempekerjakan Orang Lebih Mudah

Semua orang ingin bekerja di perusahaan dengan budaya yang luar biasa. Itu salah satu daya tarik besar perusahaan superstar seperti Google dan Facebook. Faktanya, sebuah penelitian menunjukkan bahwa 98% perusahaan menganggap kesesuaian budaya sebagai bagian penting dari proses perekrutan .

7. Budaya Perusahaan Dial Up Pembelajaran Informal

Dengan fokus yang lebih besar pada kolaborasi dan kerja tim, kamu juga menciptakan peluang terjadinya pembelajaran informal . Di lingkungan kerja mana pun, hanya 10% dari apa yang dipelajari karyawan kamu berasal dari konten pelatihan formal. Mereka mengambil sisanya di tempat kerja dan dengan berinteraksi dengan kolega mereka. Semakin banyak pelatihan yang diterima karyawan kamu, semakin baik mereka dalam melakukan pekerjaan mereka dan perusahaan akan semakin sukses.

Ini semua digabungkan untuk menciptakan lingkungan kerja tim yang baik dan komunitas karyawan yang terlibat. Jelas, budaya yang baik dan diinginkan adalah sesuatu yang dicita-citakan. Tidak hanya memelihara lingkungan kerja yang menyenangkan, tetapi juga meningkatkan keterlibatan antara karyawan, tim, departemen, dan organisasi secara keseluruhan.

Langkah Membuat Organisasi Kerja Terbaik

Tempat kerja seperti apa organisasi Anda dilihat dari perspektif karyawan kamu? Apakah mereka bangun setiap pagi dengan bersemangat untuk pergi dan menantikan hari lain yang menginspirasi di tempat kerja atau apakah mereka menyeret diri mereka sendiri ke kantor setiap hari, takut apa yang akan terjadi pada mereka?

Individu yang bekerja menghabiskan hampir sepertiga dari hidup mereka di tempat kerja dengan sebagian besar dari kehidupan produktif mereka didedikasikan untuk organisasi mereka. Ada kesadaran yang lebih besar dalam pengertian organisasi industri saat ini bahwa karyawan adalah sumber daya manusia yang berharga, dan bahwa kemampuan mereka untuk berfungsi sebaik mungkin ditentukan antara lain oleh lingkungan tempat mereka bekerja.

Pertanyaan apa yang membuat organisasi menjadi tempat yang bagus untuk bekerja?’ mungkin subjektif. Ada sejumlah faktor yang menentukan apakah seseorang menemukan tempat ‘hebat’ atau tidak: kompensasi moneter, penghargaan dari senior, infrastruktur, peluang profesional yang menarik, perkembangan karier yang tepat, penghargaan dan pengakuan serta dukungan tim adalah faktor-faktor yang memengaruhi opini karyawan individu. dari tempat kerjanya.

Meskipun tidak ada jawaban pasti tentang apa yang membuat suatu tempat bagus untuk bekerja, ada tingkat pemahaman dasar di antara manajer sumber daya manusia saat ini bahwa budaya organisasi, lebih dari faktor moneter, mempengaruhi opini karyawan tentangnya.

Kami telah memelihara sistem nilai yang kuat di mana kami bekerja untuk membangun hubungan tepercaya dengan karyawan kami, untuk memupuk organisasi lebih seperti sebuah keluarga. Dialog, umpan balik, komunikasi, dan kepercayaan adalah faktor kunci yang mendasari pendekatan sumber daya manusia kami dan nilai-nilai ini membentuk fondasi budaya kinerja tinggi kami. Berikut beberapa langkah dan cara yang dapat membantu kamu menjadikan organisasi kamu tempat yang hebat untuk bekerja:

1. Perlakukan karyawan dengan hormat

Berikan lingkungan kepada karyawan kamu agar pendapat mereka didengar. Dengarkan ide, dengarkan untuk meredakan konflik, dengarkan untuk membantu menciptakan budaya perusahaan yang lebih baik!

Word press secara rutin mengadakan pertemuan ‘Balai Kota’ di mana ide-ide ini dipertukarkan antara manajemen dan karyawan tingkat bawah. Dengan mendengarkan karyawan kamu akan mendapatkan kepercayaan dan dukungan mereka.

  • 75% karyawan akan tinggal lebih lama di organisasi yang mendengarkan dan menangani masalah mereka
  • 65% karyawan yang merasa mereka tidak dapat mendekati manajer mereka dengan jenis pertanyaan apa pun secara aktif tidak terlibat

Setiap karyawan adalah sumber daya manusia yang berharga yang perlu dikembangkan, dibina, dan dihormati. Tidak seperti persediaan, modal, dan sumber daya mati lainnya, sumber daya manusia tidak dapat dihabiskan. Dibutuhkan banyak waktu dan upaya untuk melatih individu, dan menggantikan mereka sesuka hati bukanlah hal yang mudah dan tidak sesuai dengan kepentingan organisasi. Oleh karena itu, rasa hormat harus menjadi inti dari pendekatan setiap organisasi terhadap sumber daya manusianya. Sebagai seorang manajer, jika kamu memperlakukan karyawan kamu dengan hormat dan bermartabat, mereka akan secara otomatis membalas sentimen ini kepada organisasi.

Berkomunikasi dengan karyawan kamu, hormati bawahan, dengarkan pandangan mereka, terapkan saran berguna mereka, dan buat mereka merasa dihargai. Kami percaya pada dialog dan komunikasi yang konstan dengan karyawan kami untuk memastikan dan mengukur kecerdasan kebahagiaan mereka serta mendapatkan umpan balik yang berharga tentang apa yang mereka harapkan dari organisasi. Pendekatan ini tidak hanya membuat karyawan merasa dihargai tetapi juga memberi kami katup pengaman untuk melepaskan tekanan atau sentimen yang terpendam.Gunakan fleksibilitas yang lebih besar Sebuah survei baru-baru ini tentang fleksibilitas tempat kerja oleh penyedia layanan SDM Randstad menemukan bahwa sebanyak 53 persen responden India lebih suka bekerja dari rumah.

Dengan perkembangan zaman, pola dan cara berfungsinya organisasi juga berubah. Dengan ponsel yang membuat komunikasi menjadi lancar, karyawan saat ini diharuskan untuk dihubungi 24/7, baik itu hari Sabtu atau Minggu. Fleksibilitas ini tidak hanya diharapkan dari mereka tetapi juga diperluas kepada mereka.

Organisasi yang lebih akomodatif kepada karyawan membantu mereka menyeimbangkan kebutuhan profesional dan kehidupan pribadi mereka dengan lebih baik. Jadi, pengaturan waktu masuk yang ketat dapat dilakukan demi pengaturan waktu yang fleksibel dan karyawan dapat diizinkan bekerja beberapa hari dari pengaturan rumah untuk memberi mereka lingkungan yang lebih nyaman dan akomodatif. Ini penting untuk mempertahankan karyawan yang baik dan berpengalaman, terutama wanita yang mungkin membutuhkan fleksibilitas profesional yang lebih besar untuk memenuhi tanggung jawab sebagai ibu.

2. Komunikasi Adalah Kuncinya

Komunikasikan pernyataan misi , visi, dan nilai organisasi kamu secara efektif . Ini membantu menciptakan rasa memiliki tujuan bersama dan mengubah pola pikir karyawan kamu dari penggerak mesin menjadi bagian penting dari tim! Tetapi jangan biarkan komunikasi yang efektif menjadi urusan sepihak. Dorong komunikasi aktif di seluruh organisasi kamu! Ini meningkatkan kekuatan hubungan karyawan-majikan, dan dapat membantu meredakan konflik.

  • Hanya 1 dari 150 karyawan yang mengatakan organisasi mereka tidak memiliki seperangkat nilai yang terlibat sepenuhnya
  • Karyawan yang mengatakan bahwa nilai-nilai organisasi mereka “diketahui dan dipahami” 51 kali lebih mungkin terlibat secara penuh, daripada karyawan yang menjawab bahwa organisasi mereka tidak memiliki nilai-nilai yang diketahui dan dipahami.
  • 25% generasi Milenial mengatakan bahwa tujuan karier teratas mereka adalah “membuat dampak positif pada organisasi saya”

3. Memberikan penghargaan atas pekerjaan yang baik

Keluhan yang sangat umum dari karyawan adalah kenyataan bahwa meskipun mereka tidak pernah gagal menerima kritik atas pekerjaan yang tidak beres, penghargaan tidak datang dengan mudah. Sebagai seorang manajer, kamu harus memastikan bahwa upaya yang dilakukan oleh seorang karyawan untuk organisasi kamu tidak pernah tidak dihargai. Pujian harus mengalir dengan murah hati dalam organisasi kamu; ini mendorong karyawan dan membuat mereka disayangi oleh perusahaan.

4. Tanamkan budaya mengajar daripada mencela

Sementara lacunas, kekosongan kinerja, dan kesalahan manajemen perlu ditunjukkan dan diperbaiki, manajer harus mendahulukan penawaran solusi daripada hanya menempatkan individu di dermaga dan memberikan ganti rugi. Kadang-kadang, bahkan setelah melakukan upaya 100 persen ke dalam pengertian organisasi sebuah proyek, sebuah tim mungkin gagal mendapatkan hasil yang diinginkan. Sebagai seorang manajer, pendekatan kamu harus menganalisis setiap proyek yang diselesaikan untuk kekurangan dan kesalahan, dan mengajari bawahan kamu praktik eksekusi yang lebih baik. Eksekutif muda dan tidak berpengalaman selalu membutuhkan bimbingan dan bimbingan dari senior yang berpengalaman.

5. Merangkul keragaman

Apakah organisasi kamu monoton dalam hal orang atau memiliki sekeranjang karyawan yang beragam: jenis kelamin, bahasa, ras, etnis, agama? Pengalaman menunjukkan bahwa organisasi yang beragam berhasil dalam membina karyawan yang lebih berevolusi dalam pandangan mereka dan terbuka terhadap ide karena mereka memiliki eksposur yang lebih baik terhadap opini yang beragam dan memiliki proses berpikir yang lebih fleksibel. Tempat kerja dengan beragam budaya juga memperkaya karyawan dengan membuang prasangka, memperluas wawasan, dan menghidupkan pengalaman belajar mereka.

6. Mendorong kerja sama dalam persaingan

Sebuah organisasi di mana karyawan mendukung dan membantu satu sama lain di saat-saat sulit dan juga tipis daripada terlibat dalam persaingan sengit akan selalu menjadi tempat yang memperkaya untuk bekerja. Persaingan dangkal di antara karyawan mempromosikan politik kantor dan merendahkan budaya tempat kerja.

Penting untuk membina karyawan yang terlatih untuk saling membantu daripada menarik permadani. Kamu tidak hanya berupaya membangun kepercayaan antara manajer dan eksekutif, tetapi juga di antara anggota tim itu sendiri. Ini sangat membantu dalam membangun kohesi yang lebih besar dalam organisasi dan suasana kerja sama.Libatkan Karyawan dalam Inisiatif CSR Pada tahun 2014, Survei Nielsen tentang Tanggung Jawab Sosial Perusahaan menemukan bahwa sebanyak 67% orang yang disurvei lebih suka bekerja di perusahaan yang bertanggung jawab secara sosial.

Menjadi bagian dari inisiatif sosial menawarkan rasa tujuan dan kegunaan yang lebih besar bagi karyawan, terutama yang muda. Melibatkan karyawan dalam inisiatif sosial perusahaan yang berharga memberi mereka tujuan tambahan untuk tetap bersama organisasi.

Akhir Kata

Organisasi yang sukses adalah organisasi yang terdiri dari tim dan sistem kerja yang kuat, yang didukung oleh budaya organisasi. Inilah sebabnya mengapa banyak perusahaan ataupun instusi merasa perlu untuk menciptakan dan mempertahankan budaya yang tepat untuk menopang bisnis dalam jangka panjang.

Karenanya, artikel ini berfungsi sebagai formula untuk membantu kamu untuk mendorong maju menuju kesuksesan organisasi. Yang perlu kamu lakukan adalah menciptakan lingkungan ( fisik atau virtual ) di tempat tim kamu agar dapat berkembang.

Baiklah berikut tadi merupakan penjelasan Informasi seputar pengertian organisasi. Semoga artikel www.DomainJava.com dapat membantu kamu untuk menambah wawasan tentang organisasi. Penulis juga ingin mengucapkan banyak terimakasih kepada kalian pengunjung setia blog ini, dan sampai jumpa pada artikel selanjutnya.

The post Organisasi Adalah : Pengertian, Unsur, Ciri, Jenis, Manfaat dan Contohnya appeared first on DomainJava.com.