Fitur Baru DuckDuckGO Mencegah Pelacakan Data

Fitur Baru DuckDuckGO Mencegah Pelacakan Data – Google telah berkembang menjadi search engine dominan yang diandalkan oleh para pengguna di hampir setiap belahan dunia. Kualitas dan kedalaman hasil pencarian yang diberikan Google adalah apa yang diharapkan dari pengalaman pengguna.

Hingga saat ini, kompetitornya akan selalu berlomba-lomba mencari pangsa pasar. Beberapa search engine alternatif ini layak digunakan, terutama yang tidak sesuai dengan cetakan yang dibuat oleh Google.

Diera modernisasi sekarang kian banyak menghadirkan beberapa fitur website yang baru, unik dan memiliki keunggulan tersendiri, Salah satunya Duckduckgo.

Hampir semua orang memilih Google sebagai mesin pencari di internet. Namun kini muncul mesin pencari lain bernama DuckDuckGo yang memanfaatkan celah kelemahan Google, yaitu privasi. Mereka mendeskripsikan diri sebagai “mesin pencari yang tidak akan melacakmu”. 

Apa saja fitur DuckDuckGo yang bisa diakses? Lalu apakah mereka bisa mengalahkan Google di masa depan? Berikut ini fakta-faktanya. sebelumnya yuk kita kenali terlebih dahulu apa itu DuckDuckGo?

Mengenal Apa itu DuckDuckGo?

Fitur Baru DuckDuckGO Mencegah Pelacakan Data
Fitur Baru DuckDuckGO Mencegah Pelacakan Data

DuckDuckGo (DDG) adalah mesin pencari yang didirikan oleh Gabriel Weinberg pada tanggal 29 Februari 2008 di Valley Forge dan tim yang tergabung dalam DuckDuckGo Inc. Mereka mengklaim akan menomorsatukan privasi dari para penggunanya.

DuckDuckGO mengeklaim tidak pernah menyimpan informasi pribadi penggunanya. Ini berarti semua pencarian yang dilakukan di search engine ini selalu bersifat anonim.

DuckDuckGo tidak mengikuti penggunanya dengan iklan yang dipersonalisasi karena tidak akan menyimpan riwayat pencarian mereka, tidak akan melacak alamat IP mereka, dan pada dasarnya tidak memiliki data pribadi untuk dijual. Ini benar adanya terlepas dari apakah pengguna berada dalam mode penjelajahan pribadi.

Dengan meningkatnya kekhawatiran orang-orang seputar privasi pengguna, ini dengan jelas bahwa DuckDuckGo melakukan sesuatu yang benar di mata pengguna.

Ini dilakukan dengan cara tidak menggunakan cookie untuk melacak pencarian dan tidak mengumpulkan informasi pribadi. Bahkan mesin pencari pun tidak bisa melihat IP address penggunanya. 

DuckDuckGO merupakan mesin pencarian yang populer selain google, fitur ini kian banyak diketahui dan digunakan oleh sebagian orang. Duckduckgo juga dapat membantu Anda mencari berbagai konten yang serupa dengan google.

Jadi dengan menggunakan mesin pencarian ini banyak konten bisa Anda lihat tanpa harus di batasi oleh pihak tertentu, bahkan konten terlarang.

Pesatnya Perkembangan DuckDuckGo

DuckDuckGo (DDG) sudah dikembangkan mulai dari tahun 2008. Ia telah tumbuh dengan stabil dari awal peluncuran. Mulai dari 79.000 pencarian harian di tahun 2010 hingga menjadi 31 miliar pencarian harian pada Juni 2019.

Sebagian pertumbuhan ini berkat adanya kolaborasi dengan browser yang banyak digunakan, seperti Firefox dan Safari. Agar lebih dikenal, DDG juga menjalin kemitraan dengan Linux dan memiliki aplikasi yang tersedia di Android dan iOS.

Tujuan fitur DuckDuckGo

aplikasi DuckDuckGo bertujuan untuk mencegah aplikasi melacak pengguna android, pertma kali dilaporkan oleh Wired. aplikasi yang disebut perlindungan pelacakan apliksi, berharap dapat menwarkan lebih banyak perlindungan dari pelacak pihak ketiga dari pada fitur transparasi pelacakan aplikasi Apple, yang memberi pengguna pilihan untuk memilih keluar dari pelacakan data dalam aplikasi.

Hasil pencarian tidak akan dipersonalisasi

Prosedur yang berbeda terjadi pada pencarian DuckDuckGo. Ketika kamu mengklik sebuah link, ia akan mencegah situs di internet untuk mendapatkan informasi tentangmu. Halaman yang ditampilkan ketika kamu mengetikkan kata kunci bergantung pada performa situs, tidak dipersonalisasi berdasarkan riwayat pencarian.

Menariknya mesin pencarian DuckDuckGo ini tanpa dibatasi untuk membuka sesuatu yang Anda tidak bisa lihat di google atau beberapa mesin pencarian lainnya.

search engine DuckDuckGo tidak akan mengumpulkan informasi pribadi, cookies, bahkan alamat IP Anda juga akan disembunyikan. Ketika kamu mengakses link dari hasil pencarian Google, keyword akan terekam dan dikirimkan ke situs yang kamu kunjungi.

Secara otomatis komputer akan membagikan informasi seperti IP address. Ini yang membuat Google bisa melacak identitas dan aktivitasmu di internet.

Prosedur yang berbeda terjadi pada pencarian DuckDuckGo. Ketika kamu mengklik sebuah link, ia akan mencegah situs di internet untuk mendapatkan informasi tentangmu. Halaman yang ditampilkan ketika kamu mengetikkan kata kunci bergantung pada performa situs, tidak dipersonalisasi berdasarkan riwayat pencarian.

Ketika kamu mengakses link dari hasil pencarian Google, keyword akan terekam dan dikirimkan ke situs yang kamu kunjungi. Secara otomatis komputer akan membagikan informasi seperti IP address. Ini yang membuat Google bisa melacak identitas dan aktivitasmu di internet.

Fitur-Fitur DuckDuckGO platform pencarian terbaik

bicara di luar urusan privasi pengguna, fitur baru apa lagi yang diberikan DuckDuckGo coba hadirkan? Secara umum, search engine ini memiliki tata letak yang mirip dengan Google. Ini meliputi tiga hal, antara lain:

1. Search engine landing pages (SERP) dari 10 hasil pencarian organik (kedua search engine ini biasanya menyajikan 10 hasil pencarian organik pada laman pertamanya.

Namun, Google menawarkan hasil hibrida untuk berbagai jenis pencarian, misalnya terdapat delapan hasil organik tradisional untuk judul film tertentu di halaman pertama, dengan beberapa fitur pencarian yang tertanam di dalam SERP seperti aktor atau aktris film tersebut, fitur “People also ask” yang diunggulkan Google,

serta pencarian gambar dan video yang disematkan pada tiga barisan hasil pencarian teratas, semuanya didesain dengan menaruh kolom di bagian kiri SERP;

2. Menampilkan satu atau dua kueri pertanyaan,

Beberapa iklan di bagian atas dan bawah setiap SERP juga akan menampilkan satu atau dua kueri pertanyaan, volume pencariannya, dan persaingan seputar kata kunci beserta topiknya

3. Knowledge Panel berisi informasi di sepanjang kolom bagian kanan halaman pertama SERP.

DuckDuckGo juga menggunakan crawler webnya, DuckDuckBot, untuk mengompilasi hasil pencariannya hingga 400 sumber lain, termasuk juga search engine lain seperti Bing, Yahoo, dan Yandex, dan situs crowdsourcing seperti Wikipedia.

Di sinilah Knowledge Panel DuckDuckGo berbentuk breakout box di bagian kanan berperan penting dengan memberikan detail penting seperti nama, alamat, nomor telepon, situs web, diambil dari situs mana, dan lainnya. DuckDuckGo juga memberikan informasi dari situs ulasan pengguna Yelp, meliputi ulasan, alamat, nomor telepon, dan jam kerja yang tersemat

Sekarang, arah lokasi bisnis DuckDuckGo secara eksklusif sudah disediakan oleh Apple Maps, dari sebelumnya ketika DDG masih menggunakan Bing Map. Kemudian, DDG juga menawarkan kepada pengguna opsi untuk mengubah preferensi penyedia Maps mereka meliputi Google Maps, HERE Maps, atau OpenStreetMap.

4. Mencegah Aplikasi Melacak Pengguna Android

Setelah dikenal mampu mencegah pelacakan saat browsing, fitur baru DuckDuckGo sekarang bisa mencegah aplikasi melacak pengguna Android. Disebut App Tracking Protection, fitur itu mirip App Tracking Transperancy pada Apple hanya saja lebih sederhana. Fitur tersebut memberi pengguna pilihan untuk mengamankan datanya dari pelacakan aplikasi.

Namun, fitur baru DuckDuckGo belum diluncurkan dalam versi baru untuk semua Android. Jjuga belum tersedia sebagai unduhan terpisah. Fitur itu dibuat dalam aplikasi browser yang berfokus pada privasi DuckDuckGo, tetapi berfungsi di seluruh perangkat kalian.

Melalui pengumuman di website, perusahaan mengatakan bahwa fitur tersebut akan memblokir pelacak yang diidentifikasi di aplikasi lain dari perusahaan pihak ketiga.

Setelah App Tracking Protection diaktifkan, fitur itu akan berjalan di latar belakang saat kalian menggunakan smartphone. Fitur ini dengan cepat mengenali saat aplikasi akan mengirim data ke pelacak pihak ketiga, dan kemudian akan mencegah aplikasi mengambil informasi kalian.

DuckDuckGo mengatakan bahwa fiturnya bekerja untuk mengidentifikasi dan melindungi data pelacak baru. Artinya, data kalian dijauhkan dari pelacak baru yang muncul. Dari aplikasi DuckDuckGo, kalian juga dapat melihat tampilan real-time dari pelacak yang telah diblokir oleh fitur, bersama dengan ke mana data kalian akan dikirimkan.

Perusahaan mengatakan bahwa meskipun fitur App Tracking Protection bukan jaringan pribadi virtual (VPN), smartphone kalian akan berperilaku seolah-olah seperti VPN.

Sekarang, fitur itu masih dalam versi beta, tetapi kalian dapat mencoba. Untuk mendaftar, unduh DuckDuckGo dari Google Play Store, dan buka aplikasinya. Tekan “Pengaturan” diikuti oleh “App Tracking Protection” di “Privacy.” Dari sana, pilih “Join the Private Waitlist.”

Saat melakukan uji coba, DuckDuckGo menemukan bahwa lebih dari 96 persen dari beberapa aplikasi Android gratis paling populer memiliki pelacak pihak ketiga yang tak disadari sebagian besar pengguna. Perusahaan juga menemukan bahwa 87 persen dari aplikasi ini mengirim data pengguna ke Google, sementara 68 persen mengirim data ke Facebook.(*)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *