Cara Simpan Video Instagram Terbaru Tanpa Aplikasi

Cara Simpan Video Instagram – Ketika sedang berselancar di Instagram, kamu pasti menemukan berbagai macam postingan foto maupun video yang menarik ‘kan? Tak jarang, ada beberapa orang yang bertanya-tanya, bagaimana cara menyimpan video di Instagram ke galeri. Pertanyaan ini beberapa kali kudapatkan ketika sedang ngobrol secara langsung maupun secara virtual.Sebenarnya, cara menyimpan berbagai video yang ada di Instagram ke galeri HP-mu sangatlah mudah. Ada beragam cara yang bisa kamu gunakan untuk memuaskan keinginanmu menyimpan video dari Instagram.

Secara garis besar, terdapat dua cara yang bisa kamu gunakan, menggunakan aplikasi pihak ketiga,  maupun tanpa aplikasi. Kedua cara tersebut sama-sama menawarkan kemudahan. Bagaimanapun, keduanya pasti mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Pada tulisan ini, kita akan membahas cara menyimpan video di Instagram ke galeri menggunakan kedua cara tadi. Untuk itu, langsung saja praktikkan cara-cara berikut ini.

Tentang Video Instagram

Cara Simpan Video Instagram
Cara Simpan Video Instagram

Apa Itu Video Instagram? Yaitu video yang di upload secara online di instagram oleh penggunanya, namun apakah anda Masih belum tahu cara menyimpan video dari Instagram ke galeri? Ternyata tidak sulit, untuk melakukannya hanya perlu beberapa langkah saja, bahkan kita bisa simpan video Instagram dengan mudah tanpa aplikasi.

Instagram dari waktu ke waktu selalu mengalami perkembangan, banyak fitur baru dan user interface yang friendly dan clean. Hal ini membuat pengguna lebih betah menggunakan Instagram.

Instagram kini bukan lagi sebagai media berbagi foto. Mengikuti ketatnya persaingan media sosial, Instagram mendeklarasikan diri sebagai aplikasi berbagi video, salah satunya melalui fitur terbarunya Reels.

Dari Reels pengguna bisa mengeksplorasi membuat konten video yang menarik dan membagikannya. Saat melihat konten menarik, pengguna ingin menyimpan video tersebut. Artikel ini akan memberikan cara menyimpan video di Instagram.

Cara Menyimpan video di Instagram ke Galeri

Instagram adalah salah satu media sosial yang populer digunakan oleh masyarakat, terutama kaum muda. Pernah di suatu hari yang cerah, seseorang meminta username Instagramku, untuk follow-follow-an katanya. Tak jarang juga aku melihat foto atau video yang di postinga di Instagram untuk berbagi informasi, atau sekadar memberitahu khalayak aktivitas yang dijalani.

Selain itu, di Instagram juga terdapat video menarik hasil kreativitas penggunanya, yang kadang memunculkan keinginan untuk mengunduh atau mendownload video yang kemudian kita simpan ke galeri.

Nah, meski fitur download tidak tersedia pada aplikasi bawaan Instagram, namun bisa kita akali dengan beberapa cara, yaitu dengan situs downloader atau aplikasi pihak ketiga untuk mendownload video dari Instagram.

Jika dilihat dari tampilannya yang sederhana, fitur-fitur yang memudahkan penggunanya untuk berinteraksi dengan sesama pengguna, fitur Insight untuk menganalisis performa konten yang kita buat, Direct Message untuk berbalas pesan, dan lain sebagainya, seolah menjadikan Instagram sebagai primadona dalam bermedia sosial. Sayangnya, aplikasi satu ini masih belum menyediakan fitur download video.

Jika melihat video yang menarik, kemungkinan besar pengguna Instagram mungkin akan menyimpannya.

Tujuannya beragam, bisa sebagai rujukan dalam membuat sebuah konten, hiburan semata, atau untuk ditonton ulang dan dibagikan kemudian.

Cara menyimpan video secara default di Instagram sangat mudah, berikut langkahnya.

  • Pilih video yang akan Anda simpan
  • Ketuk dan tahan ikon berbentuk bendera
  • Pilih di folder mana akan menyimpan atau Anda dapat membuat folder baru dengan mengetuk tanda tambah.
  • Berikan nama pada folder tersebut. Pada folder baru, video yang Anda simpan akan menjadi cover dari folder tersebut.
  • Untuk Reels, ketuk ikon titik tiga vertical lalu pilih opsi simpan.

Seperti yang diketahui, cara menyimpan video ini hanya akan tersimpan pada collection di aplikasi saja dan tidak akan pernah muncul di galeri ponsel.

Untuk melihat video tersebut Anda bisa membukanya di daftar koleksi pada fitur saved dalam aplikasi Instagram.

Mau tak mau, bagi kamu yang ingin mengunduh video di Instagram, harus mencari alternatif lain.  Seperti yang sudah kusinggung sebelumnya, secara umum, terdapat dua cara yang dapat kamu praktikkan.

Cara Menyimpan Video Instagram ke Galeri Tanpa Aplikasi Pihak Ketiga

Kita bahas cara yang paling mudah dulu, cara ini tidak memerlukan install menginstall aplikasi pihak ketiga karena kita menggunakan tools online gratis yang bertebaran di dunia maya.

Berikut beberapa cara menyimpan video Instagram yang bisa kita praktikan langsung. Tidak akan sulit jika membaca artikel ini dengan seksama dan menyeluruh.

  • Buka aplikasi Instagram, cari dan temukan video yang akan kita download
  • Tekan tombol titik tiga di pojok kanan atas video
  • Pilih opsi Salin Tautan
  • Buka browser dan kunjungi situs Savefrom
  • Tempel Tautan video Instagram pada kolom yang tersedia
  • Tekan tombol Unduh MP4
  • Tekan tombol titik tiga di pojok kanan bawah video
  • Pilih Download

Itulah beberapa langkah singkat cara menyimpan video Instagram ke galeri menggunakan layanan dari situs pengunduh video. Menyimpan berbagai video IG bisa kita lakukan dengan mudah tanpa perlu perlu aplikasi tambahan.

Namun ingat, dalam mencoba sesuatu hal yang baru jangan takut gagal, karena kegagalan tidak akan menimbulkan dosa, tinggal coba lagi sampai berhasil.

Savefrom.net

Cara pertama untuk menyimpan video di Instagram ke galeri dengan memanfaatkan situs download video Savefrom.net. Situs yang satu ini mungkin sudah tidak asing bagimu. 

Dengan tampilan yang sederhana, mudah digunakan, Savefrom.net menjadi salah satu pilihan situs untuk menyimpan video dari Instagram ke galeri. 

Hebatnya lagi, Savefrom.net juga dapat mengunduh video dari aplikasi lain. Misalnya Youtube, dan Facebook. Untuk mendownload video dari Instagram, kamu harus copy link video yang hendak kamu download dengan tap ikon titik tiga di pojok kanan atas postingan tersebut, lalu tap Copy Link

Selanjutnya, buka aplikasi browser kesayanganmu, kemudian ketikkan alamat Savefrom.net. Setelah halaman beranda savefrom.net termuat, paste tautan video Instagram tadi di kolom link.

Tunggu beberapa saat sampai Savefrom.net memunculkan hasil pencarian, kemudian tap Download. Gampang banget kan?

Downloadgram.net

Jika kamu tak puas dengan performa Savefrom.net, kamu bisa menggunakan situs lain, yaitu Downloadgram.net. Sama seperti Savefrom.net, penggunaan Downloadgram.net ini tidak perlu menginstall aplikasi pihak ketiga.

Untuk menyimpan video di Instagram ke galeri, kamu bisa mempraktikkan langkah-langkah berikut ini. Pertama, buka aplikasi Instagram. Lalu, cari video yang akan disimpan atau di-download. Jika sudah, tap ikon titik tiga yang ada di sebelah kanan atas, selanjutnya tap copy link

Apabila sudah, buka aplikasi browser. Buka downloadgram.com. Berikutnya, tempelkan link tadi ke kolom yang ada. Kemudian tinggal tap saja tulisan download.  Dengan demikian, tombol tadi akan membuat situs mendownload video Kamu dalam waktu yang singkat. Keren kan?

Dengan Menginstall Aplikasi

Jika kamu ingin menyimpan atau mengunduh video di Instagram secara berkali-kali, menggunakan aplikasi tambahan bisa jadi alternatif yang dapat kamu gunakan.

Salah astu aplikasi yang bisa kamu gunakan adalah Insta Post Downloader. Kamu bisa mendownloadnya terlebih dahulu dari Google Play Store. Kemudian, buka aplikasi InstagramCari video yang ingin kamu simpan.

Klik ikon titik 3 di bagian kanan atas. Lalu copy link. Berikutnya, buka aplikasi Insta Post Downloader tadi. Apabila ada notifikasi, langsung klik allow saja. Paste atau masukkan link tadi. Tunggu beberapa saat sampai muncul preview video. Selanjutnya, tap download.

Bagaimana? Cukup mudah kan? Kamu bisa menggunakan salah satu cara di atas untuk menyimpan video di Instagram ke Galeri. Bagi kamu yang ingin praktis tools online yang ada di dunia maya bisa menjadi alternatifnya. Namun, yang ingin mengunduh secara berkali-kali, kamu bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *