Cara Membuat Dokumen Baru Pada Program Microsoft Word

Cara Membuat Dokumen Baru Microsoft Word – Apakah kalian ingin mengetahui Cara membuat file atau dokumen baru pada program microsoft word 2007,20210,2013,2016? Nah langkahnya adalah seperti yang kami jelaskan dibawah ini- Benarkah Masih menggunakan Microsoft Office 2007? Atau kamu lagi mulai belajar membuat file atau dokumen baru di Microsoft Word 2007? Jika iya, mungkin masih terlihat asing yang dengan tampilan file atau dokumen program Microsoft Word 2007 tersebut ya. Namun begitu, jangan kawatir, Ms Word tidak sulit-sulit amat kok dipelajari!

Jika pada zaman dahulu semua dokumen ditulis di atas kertas, pada era modernisasi kebanyakan dokumen dibuat menggunakan word. Microsoft Word atau yang akrab dipanggil dengan Word saja adalah salah satu produk Microsoft yang tergabung dalam Microsoft Office.

Microsoft Word adalah perangkat lunak atau aplikasi pengolahan kata untuk meningkatkan pasar Microsoft dalam bisnis paket perangkat lunak produktivitas kantor. Dilansir dari Encyclopedia Britannica, Word dikembangkan oleh Richard Brodie dan Charles Simonyi dan diluncurkan oleh Microsoft pada tahun 1983. Program word memiliki konsep “what you see is what you got” atau yang dalam bahasa Indonesia berarti apa yang kamu liat adalah apa yang kamu dapatkan. Hal ini berarti bentuk dokumen dalam Word akan sama dengan hasil cetakannya melalui printer.

Tentang Microsoft Office 2007,2010,2013,2016

Jika kalian belum mengenal Microsoft Office Word atau lebih sering lagi disebut dengan Word, adalah salah satu program dari pengembang Microsoft yang fungsi utamanya adalah mengolah kata. Microsoft Word pertama kali diterbitkan pada tahun 1983 dengan nama Multi Tool Word.

Itu adalah versi pertama dari Microsoft Word, dan hingga sekarang banyak versi dari Microsoft Word yang sudah ada. Untuk versi terakhir dari Microsoft Word adalah Microsoft Word 2019 yang tergabung dalam Microsoft Office 2019.

Pada awal pembuatannya, Microsoft Word memang banyak mengambil ide dan konsep dari Bravos. Pengolahan kata berbasis grafik pertama yang dikembangkan oleh Xerox Palo Alto Research Center.

Microsoft Word sendiri memiliki konsep “what you see is what you get”. Fitur unggulan dari Microsoft Word sendiri adalah autocorrect, mailmerge, autipage index, auto formating, HTML editor, booklet layout, dan masih banyak lagi, terlebih untuk versi terbarunya.

Microsoft Word hingga sekarang masih menduduki puncak pertama program pengolahan kata yang sering digunakan di perangkat komputer dan laptop. Tidak hanya dari kalangan bisnis saja, pendidikan, bahkan untuk kalangan pribadi. Microsoft Word dipilih karena memang antar muka yang lebih mudah dipelajari.

Fungsi Microsoft Word juga tidak hanya untuk mengolah kata saja, namun juga bisa melakukan kegiatan-kegiatan lain seperti menghitung bahkan mengoreksi kata-kata yang tidak tepat. Untuk mengetahui lebih banyak mengenai Microsoft Word,

Dokumen Baru Di Microsoft Office Word
Dokumen Baru Di Microsoft Office Word

Microsoft Word atau Microsoft Office Word atau Word adalah perangkat lunak pengolah kata (word processor) andalan Microsoft. Pertama di terbitkan pada 1983 dengan nama Multi-Tool Word untuk Xenix, versi-versi lain kemudian dikembangkan untuk berbagai sistem operasi, misalnya DOS (1983), Apple Macintosh (1984), SCO UNIX, OS/2, dan Microsoft Windows (1989). Setelah menjadi bagian dari Microsoft Office System 2003 dan 2007 diberi nama Microsoft Office Word. Di Office 2013, namanya disingkat menjadi Word.

Banyak ide dan konsep Word diambil dari Bravos, pengolah kata berbasis grafik pertama yang di kembangkan di Xerox Palo Alto Research Center (PARC). Pencipta Bravo, Charles Simonyi, meninggalkan Xerox PARC dan pindah ke Microsoft pada 1981. Simonyi juga menggaet Richard Brodie dari PARC. Pada 1 Februari 1983, pengembangan Multi-Tool Word dimulai.

Setelah diberi nama baru Microsoft Word, Microsoft menerbitkan program ini pada 25 Oktober 1983 untuk IBM PC. Saat itu dunia pengolah kata dikuasai oleh WordPerfect dan juga WordStar.

Word memiliki konsep “What You See Is What You Get“, atau WYSIWYG, dan merupakan program pertama yang dapat menampilkan cetak tebal dan cetak miring pada IBM PC. Word juga banyak menggunakan tetikus yang saat itu tidak lazim sehingga mereka menawarkan paket Word-with-MouseWord processor berbasis DOS lain, seperti WordStar dan WordPerfect, menampilkan hanya teks dengan kode markup dan warna untuk menandai pemformatan cetak tebal, miring, dan sebagainya.

Word untuk Macintosh, meski memiliki banyak perbedaan tampilan dari versi DOS-nya, diprogram oleh Ken Shapiro dengan sedikit perbedaan dari kode sumber versi DOS, yang ditulis untuk layar tampilan resolusi tinggi dan printer laser, meskipun belum ada produk seperti itu yang beredar untuk publik. Setelah LisaWrite dan MacWrite, Microsoft pun mencoba untuk menambahkan fitur WYSIWYG ke dalam paket program Word for Macintosh. Setelah Word for Macintosh dirilis pada tahun 1985, program tersebut mendapatkan perhatian yang cukup luas dari masyarakat pengguna komputer. Microsoft tidak membuat versi Word 2.0 for Macintosh, untuk menyamakan versi dengan Word untuk sistem atau platform lainnya.

Versi selanjutnya dari Word for Macintosh, adalah Word 3.0, yang dirilis pada tahun 1987. Versi ini mencakup banyak peningkatan dan fitur baru tetapi memiliki banyak bug. Dalam hanya beberapa bulan, Microsoft mengganti Word 3.0 dengan Word 3.01, yang jauh lebih stabil. Semua pengguna terdaftar dari Word 3.0 dikirimi surat yang berisi salinan Word 3.01 secara gratis, sehingga menjadikan hal ini kesalahan Microsoft paling mahal untuk ditebus pada waktu itu. Word 4.0, yang dirilis pada tahun 1989, merupakan versi yang sangat sukses dan juga stabil digunakan.

Sebelum kita mulai membuat dokumen baru, disini kakak ada soal Microsoft Word nih buat kalian

Cara membuat file atau dokumen baru pada program Microsoft Word 2007 adalah …

Jawaban Cara Membuat File Atau Dokumen Baru Pada Program Microsoft Word 2007 Adalah:

  1. Klik button menu (pojok kiri atas / logo Office)
  2. Pilih New, maka muncul jendela New Document
  3. Pada bagian Blank and recent, klik Blank Document
  4. Pada jendela samping New Document, klik Create
  5. Berikutnya akan muncul dokumen baru yang siap untuk diisi teks.

Biar lebih jelas, kalian bisa lihat gambar dibawah ini.

Cara Membuat Dokumen Baru Di Microsoft Office Word

Mungkin sebagian besar penguna komputer sudah pada tau cara menjalankan dan mengunakan Aplikasi Microsoft Office Word 2007.. Dan mungkin juga sebagian besar masi ada yang belum tau atau juga yang masi baru mau belajar mengunakan Office Word untuk tugas atau Cuma ingin membuat laporan atau surat dll.. baik tanpa panjang lebar kita ikuti langkah-langkah di bawah ini :

Pelajari dan praktekkan langkah-langkah dalam membuat dokumen baru berikut ini.

  • Klik Office Button > New.
  • Pada Kotak Dialog yang muncul Pilih > Blank Document > klik tombol Create.
  • Untuk membuat dokumen baru dari Templates, pilih pada bagian kelompok Templates, Klik Tombol Create.
  • Pada windows yang muncul, letakkan kursor dimana anda akan mulai mengetik.Kemudian ketikkanlah teks di bawah ini (ketikkan teksnya saja).

Dari langkah-langkah dan gambar diatas sangat jelas dan mudah bukan?

Kamu tinggal isi lembar Word tersebut sesuai keperluan kamu. Misal mau menulis teks berupa puisi, curahatan atau apalah, tinggal gunakan keyboard kamu aja.

Cara membuat file atau dokumen baru pada program microsoft word 2007, 2003, 2010, 2013, 2016, 2019 dan 365 adalah sangat mudah sekali.

Apakah kalian masih ingat perintah pilih File lalu pilih New Document? Mungkin bagi kalian yang pernah menggunakan Microsoft Word versi 2003 pasti ingat kalo perintah di atas berfungsi untuk membuat membuat file atau dokumen baru.

Nah, untuk office versi yang lain sebenarnya caranya hampir sama, dan pada postingan kali ini admin akan menjelaskan bagaimana cara membuat file atau dokumen baru pada berbagai versi Microsoft Office Word. Mengingat Belajar Microsoft Word atau paham cara menggunakan Microsoft Office Word pada jaman sekarang itu penting karena menjadi salah satu skill atau keahlian yang dibutuhkan untuk melamar pekerjaan.

Berikut berbagai cara membuat file atau dokumen baru di berbagai versi Microsoft Office Word.

Cara Membuat Dokumen Baru Di Word 2003

Berikut Cara Membuat File atau Dokumen Baru di Word 2003:

  • Pilih menu File, klik New.
  • Pilih Blank Document lalu klik OK.

Cara Membuat Dokumen Baru Di Microsoft Word 2007

Ada beberapa cara untuk membuat dokumen baru pada Microsoft Office 2007.

Berikut Cara Membuat File atau Dokumen Baru di Word 2007:

  • Klik ikon Office di pojok kiri atas, pilih New.
  • Pilih Blank Document lalu klik Create.
  • Selesai membuat file atau dokumen baru yang siap digunakan.

Cara kedua untuk membuat dokumen baru di Word 2007 adalah sebagai berikut:

  • Klik ikon Office, pilih New.
  • Pilih Installed Template.
  • Pilih template yang disediakan misalnya Equity Report.
  • Kemudian klik Create.
  • Selesai dan tinggal kamu edit template dokumen barunya.

Cara ketiga untuk membuat file atau dokumen baru di Word 2007 yaitu:

  • Klik ikon Office, pilih New.
  • Pilih Microsoft Office Online.
  • Pilih template yang kamu mau misalnya Business Card.
  • Kemudian klik Create.
  • Selesai membuat file atau dokumen baru dan siap digunakan.

Membuat File Microsoft Office Word 2010

Adapun cara membuat file atau dokumen baru di Word versi ini tidak jauh beda dari Word versi 2003, 2013, 2016, 2019 dan 365.

Berikut Cara Membuat File atau Dokumen Baru di Word 2010:

  • Pilih menu File, klik New.
  • Pilih Blank Document lalu klik Create.
  • Selesai membuat file / dokumen baru dan tinggal dipakai.

Buat Dokumen / File Microsoft Office Word 2013

Buat yang belum tahu, cara membuat file atau dokumen baru di Word versi ini tidak jauh beda dengan Word pada versi 2003, 2010, 2016, 2019 dan 365.

Berikut Cara Membuat File atau Dokumen Baru di Word 2013:

  • Pilih menu File, lalu pilih New.
  • Pilih Blank Document.
  • Selesai membuat file atau dokumen baru dan siap dipakai.
  • Ohiya, saat di menu New, kalian bisa memilih berbagai template dokumen baru selain yang Blank Document sesuai keinginan kalian.

Membuat Document Microsoft Office Word 2016

Untuk cara membuat file atau dokumen baru di Word ini gak jauh beda kok dari Word versi 2003, 2010, 2013, 2019 dan 365.

Berikut Cara Membuat File atau Dokumen Baru di Word 2016:

  • Pilih menu File, klik New.
  • Pilih Blank Document.
  • Otomatis langsung membuat file atau dokumen baru yang siap dipakai.
  • Sewaktu di bagian menu New, kamu juga bisa memilih berbagai template dokumen baru yang tersedia selain yang Blank Document sesuai keinginanmu.

Microsoft Office Word 2019

Cara membuat file atau dokumen baru di Word versi ini sama sekali tidak jauh beda dari Word versi 2003, 2010, 2013, 2016 dan 365.

Berikut Cara Membuat File atau Dokumen Baru di Word 2019:

  • Pilih menu File, klik New.
  • Pilih Blank Document.
  • File atau Dokumen baru akan muncul dan yang siap dipakai.
  • Ohiya, saat di bagian menu New, juga bisa lho memilih berbagai template dokumen baru yang tersedia selain yang tadi Blank Document.

Microsoft Office Word 365

Tutorial cara membuat file atau dokumen baru di Word versi terbaru ini gak jauh beda dari Word versi sebelumnya yaitu 2003, 2010, 2013, 2016 dan 2019.

Berikut Cara Membuat File atau Dokumen Baru di Word 365 terbaru:

  • Pilih menu File, klik New.
  • Pilih Blank Document.
  • Selesai, file atau dokumen baru otomatis muncul & siap dipakai.
  • Ohiya, sewaktu di bagian menu New, kamu bisa juga memilih berbagai template dokumen yang tersedia di situ selain yang Blank Document.

MENYIMPAN FILE DOKUMEN WORD

Jika sudah selesai kalian bisa simpan dokumen tersebut dengan cara:

  1. Klik button menu atau logo Office pojok kiri atas
  2. Pilih Save atau boleh pilih Save As
  3. Maka setelah diklik, maka muncul kotak Save
  4. Beri nama dokumen yang telah kamu buat.
  5. Selanjutnya tinggal klik Save.
    Selesai

Perhatikan, pada point 4 atau saat kamu memberi nama dokumen, pada bgian belakang judul nama yang mau kamu tulis,pastikan memiliki ekstensi .docx. Ini agar jenis file tetap jenis yang bisa kamu buka kembali di Microsoft Excel 2007.

Menyimpan Dokumen Kerja

  1. Setelah teks selesai diketik, kliklah ikon Office untuk menyimpan teks agar yang sudah diketik menjadi sebuah file.
  2. Pilih Save atau Save As (untuk menyimpan dengan nama yang berbeda dengan nama sebelumnya).
  3. Pilih Word Document.
  4. Pada windows yang muncul, pilihlah folder Document tempat kita akan menyimpan file tersebut, kemudian ketikkan nama filenya pada File name “Jenis Hewan Berdasarkan Makanannya”. Pilih Word Document pada Save as type.
  5. Klik tombol Save

Membuka Dokumen yang telah Tersimpan

  1. Kliklah Office Button > Open.
  2. Pada kotak dialog yang telah muncul, pilihlah folder yang akan dibuka filenya yaitu folder “Documents”.
  3. Lalu pilih nama filenya “Jenis Hewan Berdasarkan Makanannya”.
  4. Kemudian klik tombol Open.

Karena jika ekstensi atau jenis file yang kita simpan tidak sesuai dengan aplikasi Word, maka akan sudah untuk dibuka. Atau semisal kamu lupa menambahkan ekstensi file dokumen menjadi tanpa ekstensi sehingga tipe file dokumen tersebut menjadi tipe FILE. Ini nantinya tidak bisa dibuka di Microsoft Word.

Nah itulah pembahasan tentang pertanyaan sola Microsoft Word:

Cara membuat file atau dokumen baru pada program Microsoft Word 2007 adalah …

Semoga bermanfaat dan membantu kamu dalam belajar Microsoft Office Word.

Cara Membuka Dokumen yang Tersimpan

Dokumen yang sudah disimpan kadang-kadang perlu dibuka kembali untuk mengedit atau dibutuhkan untuk hal-hal lainnya. Langkah untuk membuka dokumen dapat anda pelajari dengan mengikuti langkah-langkah dibawah ini.

  • Cari dokumen yang ingin anda buka.
  • Klik nama dokumen yang tertera pada folder.
  • Apabila dokumen yang ingin dibuka tidak tertera pada Recent Documents, klik ikon “Folder Back” pada tab File atau pada Quick Acces Toolbar untuk memudahkan kotak dialoag untuk dibuka. Kotak dialog Open juga dapat dimunculkan dengan menekan tombol Ctrl + O pada keyboard.
  • Lalu klik kanan pada folder yang ingin anda buka, lalu ada tampilan seperti gambar dibawah ini lalu klik “open”.
  • Pilih folder dokumen pada kotak kombo Look in.
  • Klik nama dokumen, kemudian klik tombol “Open”.

Langkah-langkah untuk menyimpan file dokumen dengan nama lain

a. Klik menu File
b. Klik Save As, maka akan keluar kotak dialog Save As
c. Jika naskah ingin disimpan ke lokasi lain, klik kotak Save in, kemudian pilih drive atau folder yang anda inginkan atau buat folder baru sebelumnya
d. Pada kotak File name ketiklah nama file atau dokumen baru anda
e. Kemudian tekan enter atau klik Save untuk menyimpan.

Pada penyimpanan pertama kali kedua instruksi Save dan save AS memiliki fungsi yang sama, tetapi pada penyimpanan berikutnya kedua instruksi sudah memiliki fungsi yang berbeda.

Kegunaan Microsoft Office Word

Microsoft Office Word sendiri merupakan program atau aplikasi buatan Microsoft yang berguna untuk membuat suatu dokumen yang lebih berbasis pada teks. Jadi tentunya lebih mudah daripada jika kalian belajar Microsoft Excel yang harus mengerti rumus dan menghitung angka.

Word memiliki banyak kegunaan dan juga manfaat dalam kehidupan manusia, sebagai berikut!

  • Membuat surat

Kegunaan pertama dari Word adalah membuat berbagai macam surat. Word memiliki fitur yang mendukung untuk membuat surat tidak resmi yang sederhana, maupun surat resmi yang kompleks beserta kop suratnya.

Surat tersebut dapat diedit sedemikian rupa sebelum akhirnya dicetak, ditanda-tangani, dan dikirimkan pada penerimanya.

  • Membuat dokumen

Membuat dokumen adalah kegunaan utama dari Word sebagai aplikasi pengolah kata. Word membantu penggunanya untuk membuat dokumen yang rapi dan sesuai dengan keinginan penggunanya.

Dokumen tersebut dapat berupa laporan, tugas kuliah, tugas sekolah, cerpen, novel, formulir, dan juga tabel.

Word memiliki beragam fitur untuk melengkapi dokumen seperti memasukkan gambar, memasukkan foto, mengatur header dan footer, memformat halaman, memberikan nomor halaman, membuat daftar isi dan daftar gambar secara otomatis, membuat tulisan dengan berbagai variasi (word art), dan juga memasukkan alamat website.

  • Mengoreksi kata-kata

Word memiliki fitur koreksi kata-kata dalam berbagai bahasa untuk menghindari salah penulisan maupun ejaan. Word juga memungkinkan untuk mengubah satu kata yang sama pada seluruh dokumen secara serentak dan juga menemukan suatu kata secara cepat.

  • Membuat dan membuka file berbagai format

Dilansir dari Computer Hope, versi awal Microsoft Word awalnya hanya bisa membuat dan membuka ekstensi file .doc, lalu berkembang dapat membua dan membuat ekstensi .docx.

Seiring dengan berjalannya waktu, kini Word dapat membuat dan membuka file dengan ekstensi yang lebih beragam, diantaranya .dot, .html, .mhtml, .pdf, .txt, .wps, .xml,. dan .xps.

  • Kolaborasi dengan program office lain

Dilansir dari Techwalla, salah satu keuntungan terbesar Word untuk proyek professional adalah terintegra dengan program Microsoft Office lainnya. Misalnya bisa membuat dokumen dengan menyertakan grafik maupun tabel yang dibuat melalui Microsoft Excel.

Manfaat Word

Manfaat dari menggunakan word pada microsoft, yaitu:

  • Memudahkan pekerjaan

Manfaat pertama dari penggunaan Word adalah memudahkan pekerjaan. Dengan berbagai fitur yang mendukung pembuatan dokumen, pekerjaan akan lebih mudah dan menghasilkan dokumen yang lebih rapi serta minim kesalahan jika dibandingkan ditulis dengan tangan.

  • Menghemat waktu

Fitur koreksi kata secara serentak dapat menghemat waktu dan tenaga dalam suatu pekerjaan mengedit dokumen. Belum lagi Word memiliki fitur mail merge yang dapat mengirim surat kebanyak orang sevata bersamaan.

  • Menghemat kertas

Dengan adanya Word, koreksi atas suatu dokumen dapat dilakukan secara digital. Sehingga tidak memerlukan kertas dan membuang-buang kertas. Hal ini otomatis mendukung penghematan kertas dan juga menekan biaya pengeluaran.

Demikianlah pembahasan lengkap mengenai Microsoft Office Word 2007, 2010, 2013, 2016 maupun versi terbarunya. semoga membantu

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *