Aplikasi O2 Meter – Oximeter 2022, Pengukur Saturasi Oksigen

Download Aplikasi O2 Meter – Aplikasi Oximeter Android 2022 – Berikut Aplikasi Android Pengukur Saturasi Oksigen, Bisakah Diandalkan  Aplikasi o2 meter ini kami rangkum dari berbagai sumber, jika anda berminat untuk menggunakannya silahkan simak artikel ini sampai habis.

Aplikasi Oximeter di android ini memang banyak menyita perhatian masyarakat Indonesia karena aplikasi ini merupakan aplikasi pengukur saturasi oksigen, tapi benarkah akurat? Mari kita bahas bersama. Saturasi oksigen memang sangat penting bagi kita, arti dari saturasi oksigen sendiri adalah kadar oksigen yang ada didalam darah yang dapat diukur menggunakan alat bernama oksimetri. Akan tetapi beberapa waktu ini tengah viral aplikasi yang bisa mengukur saturasi oksigen yang dapat digunakan oleh semua orang, maka dari itu Anda wajib membaca penjelasan berikut.

Mengecek kondisi tubuh secara berkala tentu penting untuk mengetahui apakah tubuh sedang sehat atau tidak.

Salah satu aplikasi kesehatan yang bisa Anda coba gunakan adalah Oximeter. Apa itu Oximeter?

Mengenal Kegunaan Aplikasi Kesehatan Oximeter

Aplikasi O2 Meter
Aplikasi O2 Meter

Oximeter atau yang lebih sering dikenal dengan nama aplikasi O2 Meter ini adalah sebuah alat yang bisa digunakan untuk mengukur kadar oksigen dalam darah.

Untuk bisa menggunakannya, Anda hanya perlu meletakkan ujung jari di bagian pengukuran.

Alat ini sudah sangat umum digunakan dalam dunia kedokteran. Seiring dengan berkembangnya jaman, Oximeter ini sudah bisa digunakan pada ponsel Android.

Sayangnya, aplikasi Oximeter ini hanya bisa digunakan di ponsel yang sudah dilengkapi dengan sensor detak jantung.

Meski demikian, aplikasi ini tidak bisa 100% dijadikan patokan kesehatan sehingga lebih baik untuk langsung mengonsultasikannya dengan dokter.

Perangkat Yang Mendukung Penggunaan Aplikasi Oximeter

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, hanya beberapa ponsel yang bisa menggunakan aplikasi ini. Satu-satunya merk ponsel yang support untuk aplikasi Oximeter ini adalah Samsung.

Beberapa ponsel yang bisa mendukung aplikasi ini adalah Samsung Galaxy Note 4, Edge 5 hingga 9, dan S6 hingga S10.

Samsung bisa support untuk aplikasi ini karena perangkatnya dilengkapi dengan sensor bawaan di bagian kamera.

Sinar inframerah pada kamera akan menjadi sumber bagi algoritma lanjutan untuk menghitung kadar oksigen pada darah Anda.

Fitur Pada Aplikasi Oximeter

Untuk fiturnya sendiri, aplikasi Oximeter memiliki banyak fitur dan kelebihan. Fungsi utamanya adalah untuk mengukur kadar oksigen dalam darah.

Tidak hanya itu, aplikasi ini juga menyediakan grafik yang bisa Anda gunakan untuk memantau kadar oksigen.

Rentang pengukuran saturasi oksigen pada aplikasi ini adalah antara 70% hingga 100%. Sementara untuk detak jantung atau heartbeatnya berada pada rentang 30 hingga 190 bpm.

Aplikasi ini bisa digunakan secara gratis hanya sebanyak 3 hingga 5 kali pengukuran dalam satu hari.

Apabila Anda ingin mengukur dengan lebih sering maka Anda harus menggunakan fitur berbayar.

Anda bisa membeli fitur berbayarnya melalui IN-APP. Anda tidak perlu menonton iklan bila menjadi pengguna premium.

Penting untuk diingat bahwa setiap sensor bawaan yang dimiliki oleh ponsel pasti memiliki keterbatasan.

Karena itulah, Anda harus tetap memeriksakan diri secara lebih lanjut pada tenaga medis. Anda tidak bisa menggunakan hasil dari aplikasi ini sebagai alat diagnosis sebuah penyakit.

Cara Pakai Pulse Oximeter Apk

Aplikasi ini hanya bisa anda pergunakan 3 kali dalam satu hari. Untuk bisa mendapatkan pengecekan yang lebih banyak, maka anda dapat membeli versi pro. Cara menggunakan pulse oximeter ini cukuplah mudah, yaitu sebegai berikut:

  • Pertama anda dapat jalankan aplkasi pulse oximeter
  • Kemudian tempatkan jari anda pada sensor kamera
  • Aplikasi ini akan mengambil data dan tunggu selesai
  • Selanjutnya akan muncul pada layar anda berapa kadar oksigen dalam darah anda.

Hasil yang kita dapatkan dari aplikasi ini cukuplah akurat. Namun seperti yang sudah kami sampaikan diatas, apabila anda merasakan sesuatu yang tidak beres pada kondisi tubuh anda, maka bisa menghubungi petugas medis terdekat, karena apabila saturasi oksigen anda terlalu rendah maka ini akan membahayakan anda.

Nah kini Anda sudah tahu beberapa hal tentang aplikasi Oximeter dan perangkat apa saja yang mendukung penggunaan aplikasi ini. Selamat mencoba.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *